Usia 20 Tahun Rambut Sudah Beruban Mungkin Ini Penyebabnya

Advertisement

Rambut berubah menjadi putih sudah pasti akan dialami manusia pada usia 40 tahun keatas, tetapi ternyata bisa rambut beruban dialami oleh orang yang lebih muda. Tentu saja akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Seperti teman kerja saya di usia 20 tahun rambut sudah beruban padahal dengan saya usianya terpaut 15 tahun namun saya masih bersyukur rambut masih berwarna hitam. Ternyata disamping faktor genetik munculnya uban lebih cepat dipengaruhi juga oleh beberapa hal.

Dibawah saya akan berbagi informasi penyebab uban pada usia 20 tahun dapat mengetahui apa saja yang membuat rambut lebih cepat ubanan.

Penyebab Rambut Beruban Usia 20 Tahun

Usia 20 Tahun Rambut Sudah Beruban Mungkin Ini Penyebabnya

Foto: http://www.coolmenhairstyles.com

1. Kekurangan vitamin B12

Jika kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan kerontokan pada rambut selain itu dengan mengkomsumsi vitamin B12 dapat memberikan asupan nutrisi pada semua sel tubuh termasuk rambut, sehingga dapat mendorong pigmentasi rambut dan mempertahan warna asli rambut (tidak beruban).

Contoh makanan yang mengandung vitamin B12 keju, roti, daging, ikan, telur, makanan laur, susu kedelau serta hati.

2. Salah memilih minyak rambut

Berdasarkan informasi dari teman yang usia 20 tahun ubanan ternyata dia tidak memiliki faktor keturunan/genetik rambut beruban pada usia muda. Untuk menunjang penampilan dia selalu memberikan minyak rambut yang sudah dimulai sejak umur 15 tahun dengan tujuan rambut terlihat klimis.

Alih alih klimis rambut berubah menjadi abu abu atau putih pada awal memasuki umur 20 tahunan. Seperti kita ketahui adanya campuran zat kimia yang terkandung pada minyak tersebut kemudian tidak cocok dengan jenis rambut dia yang menjadi asal muasal uban.

Bukan tidak boleh menggunakan minyak rambut tetapi sesuiakan dengan jenis rambut dan perhatikan apakah ada efek jangka pendek dari pemakaianya.

3. Tidak bisa memanage stress

Yang namanya hidup tidak lepas dari masalah dan jika tidak bisa mengelola masalah tersebut akan menimbulkan stres bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Salah satunya dapat kehilangan rambut dan mempercepat proses berubahnya warna rambut menjadi keabuan. Ya, faktanya stres jangka panjang, yaitu sekitar dua sampai tiga tahun bisa membuat rambut lebih cepat beruban.

Jadi, mengurangi stres dapat menjadi salah satu cara mencegah uban di usia dini. Kamu dapat melakukan liburan, meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai, olahraga teratur dan melakukan konsultasi kepada psikolog untuk mendapatkan cara terbaik untuk mengatasi masalah yang menjadi pemicu stres.

4. Merokok

Selain menggunakan minyak rambut yang salah, teman juga memang seorang perokok. Dan ada hubunganya merokok dengan kesehatan rambut karena merokok diketahui dapat menyebabkan penuaan dini pada tubuh termasuk rambut. Kebiasaan merokok jangka panjang bisa menyebabkan pigmen pada rambut menghilang.

Demikianlah informasi singkat tentang penyebab rambut sudah beruban meskipun usia masih muda, untuk itu cobalah hidari 4 masalah diatas yang sering dianggap sepele.

Karena selain merusak penampilan uban seringkali membuat gatal pada kepala meskipun tidak berketombe, dengan begitu kamu akan merasa tidak nyaman apalagi sedang berbicara dengan orang lain, dan untuk diingat uban tidak selalu identik dengan penuaan