Tips Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online

Memperkecil ukuran file PDF dapat dilakukan dengan dua cara yaitu online dan offline atau menggunakan software tambahan, kali ini saya coba berbagi tips cara mengurangi ukuran file PDF dengan hasil yang cukup bagus, mudah dan cepat tanpa perlu regitstrasi atau menggunakan email untuk mendownload.

Jika anda sering mengirim file pdf lewat email dan kesulitan karena ukurannya terlalu besar maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengompres terlebih dahulu sehingga file yang akan dikirim lebih kecil.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online

Ada banyak situs yang menyediakan layanan PDF Reducer atau mengecilkan ukuran PDF secara online namun salah satu yang terbaik, mudah dan cepat yang pernah saya coba adalah smallpdf.com, situs ini tidak mengharuskan kita untuk mendaftar atau menggunakan alamat email untuk mendownload file yang sudah dikecilkan tersebut, itulah asalan kenapa saya memilih smallpdf.com dibanding situs sejenis lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Kunjungi halaman ini http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  2. Kemudian klik Pilih File atau drag & drop file yang akan dikompres dari PC anda.
    Tips Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online
  3. Tunggu sampai upload selesai 100% dan proses compres selesai.
  4. Terakhir klik Unduh File Sekarang untuk mendownload ke PC, selesai.Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online

Sangat mudah bukan caranya?, pada contoh diatas saya menggunakan sebuah file PDF dengan ukuran sekitar 5.86MB dan setelah dikompres menjadi 1.18MB atau lebih kecil sekitar 4.68MB dibanding aslinya.

Smallpdf.com tidak hanya menyediakan layanan untuk kompres PDF tetapi masih ada beberapa fitur lain yang bisa digunakan secara gratis seperti convert pdf ke word online, dan lainnya.

Jadi jika anda sering kesulitan mengirim file PDF contohnya untuk laporan, tugas sekolah, kuliah atau lamaran kerja lewat email karena ukurannya terlalu besar, silahkan coba kompres terlebih dahulu menggunakan cara diatas.

 

Advertisement
Tags: