Tentukan Sendiri Anak Bayi diberi Minum Kopi Boleh atau Tidak!

Advertisement

Ada pendapat bahwa sebaiknya anak bayi diberi minum kopi untuk mencegah step atau kejang, selain itu ada juga yang mengatakan bahwa pemberian kopi pada balita apabila susah buang air besar (BAB). Jika bertanya boleh atau tidak jawabanya pasti boleh karena itu hak orangtua.

Tetapi sebelum memberi kopi pada bayi sebaiknya sebagai orangtua mengetahui karena ternyata belum ada penelitian kopi berhuna untuk menghindari kejang pada bayi. Selain itu pada anak dibawah 6 bulan ASI ekslusif merupakan asupan terbaik bukan yang lain.

Sehingga jika tetap meminumkan kopi pada bayi lebih bayak efek samping dibanding manfaatnya, dibawah ada beberapa alasan kenapa bayi jangan diberikan kopi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bahaya Anak Bayi diberi Minum Kopi

Tentukan Sendiri Anak Bayi diberi Minum Kopi Boleh atau Tidak!

Menyebabkan Kekurangan Kalsium
Kandungan kafein pada kopi bersifat diuretik mempercepat keluarnya air seni sehingga kalsium belum sempat diserap tubuh sudah terbuang. Sementara bayi dan anak anak membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat, jika sudah begini dipastikan perkembangan bayi terhambat.

Kandungan Kafein Tidak Baik Untuk Bayi/Balita
Seperti kita ketahui kafein dapat membuat tubuh tetap terjaga dan itu kurang baik untuk bayi ataupun anak anak, karena anak usia balita hingga 12 tahun membutuhkan tidur selama paling tidak 11 jam sehari. Sehingga kafein bisa menyebabkan waktu tidur berkurang dan dapat mengganggu kesehatan.

Bayi Belum Siap Mencerna Kopi
Tubuh bayi belum dapat mencerna kopi dengan baik apalagi yang mengandung kafein tinggi, selain itu kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan resiko obesitas tiga kali lipat.

baca juga: Khasiat air putih bisa menurunkan berat bedan

Itulah bahaya jika bayi mengkomsumsi kopi, dan seperti  pendapat dr Rifan Fauzie, SpA yang dikutip dari health.detik.com

Kopi yang diberikan saat anak sedang kejang tidak akan masuk pencernaan atau ke lambung, tapi akan masuk ke paru-paru. Nantinya kopi ini akan menimbulkan reaksi yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan di paru-paru.

Bukan saja kopi ketika sedang setip makanan atau minuman apapun tersebut akan masuk ke paru lalu menghambat jalan nafas anak sehingga berakibat kematian.

Sekarang tinggal tentukan sendiri anak bayi diberi minum kopi boleh atau tidak, tetapi dari segi kesehatan sudah jelas efeknya disebutkan diatas.