Sudah Dewasa Masih Ileran Saat Tidur Begini Cara Mengatasinya

Advertisement

Mengeluarkan air liur atau ngiler waktu tidur biasanya dialami oleh anak anak, tetapi bagaimana jika sudah dewasa masih ileran saat tidur?, pastinya hal tersebut dapat menjadi bahan tertawaan teman jika sedang tidur bersama. Selain itu akan meninggalkan noda pada sarung bantal dan mengeluarkan aroma yang kurang enak.

Agar tidak ngiler waktu tidur banyak solusi diantaranya dengan cara mengatur posisi tidur harus terlentang dengan begini mulut tidak akan terbuka. Karena sesuai dengan gaya gravitasi apabila tidur miring atau tengkurap mulut terbuka sehingga air liur keluar.

Umumnya ciri ciri orang tidur ngiler adalah mulut terbuka, kemudian tidur nyenyak dan ngorok. Bagi yang mengalami masalah tersebut dibawah ada informasi cara memberhentikan ngiler terutama untuk orang dewasa.

Cara Mengatasi Ileran Saat Tidur

Sudah Dewasa Masih Ileran Saat Tidur Begini Cara Mengatasinya

foto: mkoran.com

1. Minum Segelas Air Putih Sebelum Tidur

Mengatasi ngiler waktu tidur yaitu dengan minum segelas air putih sebelum tidur, karena jika tidak bagian dalam mulut yang kering sehingga akan merangsang produksi air liur lebih banyak yang akan menetes pada bantal.

Manfaat minum air putih yang lain adalah mengencerkan air liur sehingga masuk ke tenggorakan tanpa menggenang di mulut terlebih dahulu.

2. Tinggikan Bantal
Walaupun tidur sudah terlentang tetapi air liur dapat keluar, untuk itu dengan menambah ketinggian bantal (kepala air liur akan tertelan  ke tenggorokan yang menyebabkan resiko ngiler akan berkurang.

3. Jangan Bernapas Lewat Mulut
Hidung tersumbat mengakibatkan kesulitan bernapas dengan hidung dan lebih memilih bernapas dengan mulut dan akhirnya iler ngeces. Untuk melegakan napas bisa dengan menghirup aroma terapi atau menggunakan salep untuk pelega hidung

4. Hindari Makanan Dengan Rasa Asam
Apabila pecinta buah atau makanan yang rasanya asam silahkan hentikan kurang lebih 3 jam sebelum tidur. Karena rasa asam tersebut kan memicu air lur dan harus dibilas dengan minum air putih yang banyak.

5. Jangan Makan Pedas Sebelum Tidur
Selain makanan asam mengkomsumsi makanan pedas sebelum tidur juga harus dihindari karena akan menyebabkan air liur lebih banyak untuk menghilangkan rasa pedas, sehingga ileran ketika tidur tidak dapat dihindari.

Dan yang palin penting lakukan istrihat yang teratur, orang yang kelelahan biasanya tidunya akan ngorok dan menyisakan air liur pada bantal.

Demikianlah cara mengatasi ileran saat tidur terutama bagi yang sudah dewasa karena tidak lucu apabila sedang di kendaraan umum tertidur kemudian meninggalkan bekas iler pada kursi.