Simpel Cara Membuat Jebakan Tikus Kecil di Rumah

Advertisement

Ada tikus di dalam rumah sudah pasti mengganggu karena hewan pengerat tersebut selain mengincar makanan juga menggigit barang apapun misalnya kabel, baju, kasur dll. Hewan ini pandai bersembunyi karena tubuhnya fleksibel untuk menangkapnya yaitu dengan cara membuat jebakan tikus di rumah.

Atau selain dengan perangkap bisa juga dengan menggunakan lem tikus, emiscara pernah membeli di minimarket lem tikus yang sudah direkatkan pada kardus seharga Rp.16.000. Jika menangkap tikus kecil biasanya masih bisa digunakan tetapi apabila ukuran tikus besar hanya sekali pakai saja.

Tentu akan menguras kantong apabila tiap hari membeli sehingga pada kesempatan ini emiscara akan berbagi cara  untuk mengusir tikus dengan membuat perangkap tikus dari barang yang sudah terpakai yaitu kawat penutup kipas angin rusak, selengkapnya simak dibawah.

Cara Membuat Jebakan di Rumah

Yang harus dipersiapkan untuk membuat perangkap tikus dari kawat tutup kipas angin yaitu:

  • 4 buah paku.
  • tali pengikat plastik.
  • benang
  • tali pancing
  • alat untuk memotong

1. Ikat 2 paku secara vertikal dengan menggunakan tali plastik ditengah tengah lingkaran tutup kipas angin, jarak diantaranya sekitar 10 cm.
Simpel Cara Membuat Jebakan Tikus Kecil di Rumah

2. Ikat 1 ujung paku dengan benang seperti gambar dibawah dan nanti posisinya berhadapan dengan paku pada poin 1 diatas.

Simpel Cara Membuat Jebakan Tikus Kecil di Rumah

3. Ikat umpan dengan menggunakan tali pancing dengan tujuan tali tidak terlihat tikus karena berwarna bening.

Simpel Cara Membuat Jebakan Tikus Kecil di Rumah

4. Hasil akhirnya seperti diatas dimana paku pada bagian kiri (diikat benang berwarna kuning) bagian yang tajam menghadap keatas kemudian baru ambil paku satu lagi sebagai penopang.

Sementara dua paku lain yang diikat tali plastik menopang sisi yang berhadapan, kemudian umpan yang diikat benang pancing diikat pada benang berwana kuning.

Simpel Cara Membuat Jebakan Tikus Kecil di Rumah

Prinsip kerja dari alat menjebak tikus dari tutup kipas tersebut adalah ketika tikus memakan umpan maka paku akan jatuh sehingga otomatis tutup kipas akan menimpa badan tikus yang membuatnya terjebak.

Tetapi sepertinya jebakan tikus sederhana ini akan berfungsi optimal pada tikus dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu besar. Karena tikus besar akan memiliki tenaga ekstra untuk bisa meloloskan diri, demikianlah cara membuat jebakan tikus di rumah dengan pentup kipas.

Sebagai saran selalu jaga kebersihan rumah dan berilah tutup pada saluran air kamar mandi untuk mencegah tikus got masuk dari luar.

Sumber foto sebelum diedit: https://www.youtube.com/watch?v=EDqAcM9FQRs