Salah Satu Penyebab Registrasi Kartu Simpati Selalu Gagal?

Berdasarkan Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika No 21 Tahun 2017 yaitu per 31 Oktober 2017 sampai dengan 28 Februari 2018 mewajibkan registrasi kartu prabayar menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Tetapi ada sebagian masyarakat yang kesulitan untuk daftar ulang kartu tersebut, sebagai contoh salah seorang teman admin yang ingin registrasi kartu Simpati namun selalu gagal. Padahal no KK dan NIK yang digunakan sudah sesuai dan format daftar kartu juga sudah benar.

Entah ada hubunganya dengan registrasi atau tidak ketika digunakan SIM card Telkomsel yang baru dibelinya tersebut terkadang muncul pemberitahuan pada Smartphone jaringan tidak tersedia yang diikuti dengan sinyal hilang.

Karena penasaran akhirnya saya membantu mandaftar kartu Simpati dengan SMS ke no 4444 dengan format REG NIK#No KK#. tetapi sudah dua kali dicoba masih tidak bisa dengan balasan SMS sebegai berikut.

Maaf, data NIK yang Anda masukkan salah. Mohon cek data diri Anda & lakukan kembali proses registrasi

.
Untuk teman disini yang mengalami gagal registrasi kartu Simpati salah satu penyebabnya adalah masih menggunakan Kartu Tanda Penduduk lama yang belum terdata pada database Disdukcapil. Untuk yang ingin tahu solusinya silahkan baca pengalaman teman saya dibawah ini.

Cara Registrasi Kartu Simpati Gagal Karena Salah NIK

1. Lakukan registrasi terlebih dahulu coba sampai 5 kali.

2. Kemudian setelah mencoba 5 kali registrasi kartu Telkomsel, pengguna diminta aktivasi kartu dengan format REG<spasi>NIK#NoKK#Nama Lengkap#Alamat#Tempat tanggal lahir

3. Dan jika format yang diketik benar maka akan mendapat balasan seperti gambar dibawah yang menyatakan kartu Anda telah aktif dan berisi nama pendaftar.

Namun tetap saja harus secara berkala wajib registrasi ulang sampai data Anda tervalidasi, hal ini disebabkan pembuatan e-KTP belum selesai sehingga teman saya masih menggunakan KTP lama.

Dan cara yang tepat supaya registrasi kartu Telkomsel (Simpati, AS) jika bermasalah dalam NIK atau KK silahkan datang ke gerai Grapari terdekat untuk di data secara manual. Demikianlah informasi singkat mengenai penyebab registrasi kartu Simpati gagal.

baca juga: merubah jaringan 3G menjadi 4G

Catatan: Jadi untuk mendapatkan SMS berupa permintaan aktivasi kartu sebaiknya coba sampai lima kali registrasi dan setelah berhasil masalah seperti sinyal hilang atau jaringan tidak tersedia sudah dapat diatasi.

Advertisement