Rahasia Mengatasi Uban Dengan 2 Cara Alami

Advertisement

Apabila umur sudah diatas 35 tahun biasanya akan tumbuh rambut berwarna putih atau yang lebih dikenal dengan uban. Karena produksi melanin (zat warna) akan berkurang seiring dengan pertambahan usia yang akhirnya uban pun datang.

Banyak orang yang mencari cara mengatasi uban diantaranya dengan menggunakan pewarna rambut untuk menutupi uban. Kebanyakan pewarna tersebut didalamnya terdapat bahan kimia yang apabila tidak cocok dapat menimbulkan efek samping.

Dibawah emiscara akan berbagi informasi cara mengurangi uban secara alami sehingga relatif aman disamping murah karena dapat dibuat sendiri di rumah.

2 Cara Alami Mengatasi Uban

1. Daun Rambutan

Rahasia Mengatasi Uban Dengan 2 Cara Alami

Selain buahnya enak dimakan ternyata daun rambutan berkhasiat untuk kesehatan rambut diantaranya untuk menunda uban bertambah banyak. Proses mengolah daun rambutan menjadi bahan alami mengatasi uban yaitu sebagai berikut:

  • Petik 16 lembar daun rambutan segar, selanjutnya cuci sampai bersih.
  • Kemudian daun rambutan dihaluskan bisa dengan menggunakan blender atau ditumbuk sampai halus. Setelah sebelumnya menambahkan sedikit air sehingga terdapat sari.
  • Sediakan saringan untuk memeras air daun rambutan.
  • Oleskan air perasan daun rambutan pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala sambil dilakukan pemijatan.
  • Setelah kurang lebih 1 jam lakukan pembilasan rambut dengan air bersih.
  • Agar hasilnya maksimal lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

2. Menghilangkan Uban dengan Teh Basi

Rahasia Mengatasi Uban Dengan 2 Cara Alami

Teh basi terutama teh hijau memiliki kandungan vitamin C, E dan polifenol yang bermanfaat untuk membuat rambut lebih sehat. Ternyata teh basi sudah digunakan dari zaman nenek moyang untuk mengatasi masalah rambut beruban.

Selain itu teh basi mengandung antioksidan yang dapat memberikan nutrisi pada rambut dari akarnya sehingga rambut tidak mudah patah dan tetap berkilau. Cara menghilangkan uban dengan teh basi mudah sekali yaitu dengan langkah langkah sebagai berikut:

  • Sediakan 1 gelas teh selanjutnya diamkan semalaman.
  • Keesokan hari/pagi hari air teh basi tersebut digunakan untuk membilas rambut terutama pada bagian yang ditumbuhi uban.
  • Pijat perlahan supaya sel sel kulit kepala terbuka dengan tujuan kandungan nutrisi yang terdapat dalam teh terserap oleh rambut.
  • Selanjutnya bilas rambut menggunakan air bersih.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal lakukan perawatan rambut alami ini minimal 2 kali seminggu.

Itulah 2 cara mengatasi uban secara alami, selain orang yang lanjut usia masalah uban bisa juga terjadi pada usia muda. Penyebab umur muda sudah ubanan biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau menggunakan minyak yang rambut yang tidak sesuai dengan jenis rambut.

Disamping melakukan berbagai cara untuk meminimalisir rambut memutih tentunya Anda harus melakukan gaya hidup sehat diantaranya makan makanan bergizi dan jangan lupa minum air putih yang cukup.

Karena belum ada penelitian secara ilmiah menemukan cara mengatasi uban yang ampuh baik itu herbal, vitamin ataupun suplemen, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara diatas.