Perubahan Curug Malela Cililin Dulu Dan Kini

Advertisement

Pada tahun 2016 emiscara mengunjungi Curug Malela yang mendapat julukan “Niagara Mini” karena bagian atas air terjun yang lebar yang mencapai 70 meter. Berbeda dengan air terjun umumnya yang cenderung tinggi namun tidak terlalu lebar.

Seperti Niagara Waterfall di Amerika yang memiliki permukaan sangat lebar, ketika berkunjung kesana jalan menuju curug Malela sangat menantang terlebih pada saat musim hujan, jalan yang belum diaspal dengan batu sebesar kepala sulit dilalui dengan sepeda motor bebek atau skuter matik.

Namun sekarang pemerintah provinsi Jawa Barat sedang pembangunan curug Malela dengan anggaran dan sebesar Rp. 3 miliar. Anggaran tersebut untuk membuat plasa, shelter, anjungan selfi, toilet, penataan taman, dan pedestrian sepanjang 120 meter.

Perubahan Curug Malela Cililin Dulu Dan Kini

Perubahan Curug Malela Dulu Dan Kini

Gambar diatas diambil 3 tahun dimana belum terdapat plasa atau spot selfie seperti sekarang kemudian persis dilokasi curug hanya dua saung kecil. Yang satu diisi seorang ibu penjual kopi dan pop mie kemudian untuk menuju saung satu lagi pengunjung harus turun ke aliran curug terlebih dahulu, tetapi sekarang curug Malela mengalami perubahan seperti gambar dibawah.

Perubahan Curug Malela Dulu Dan Kini

Foto: Akun Facebook Curug Malela

Pembangunan Curug Malela Cililin Bandung Barat

  • Plaza dengan bentuk lingkaran yang memiliki diameter 15 meter.
  • Tempat istirahat sejenak atau shelter dengan ukuran  4×4 meter sebanyak 8 unit. Jarak shelter satu ke yang lain yaitu sejauh  50 meter.
  • Pembuatan jalur pedestrian sepanjang 120 meter.
  • Anjungan selfi berukuran 2 x 4 meter.
  • Adanya penataan taman.
  • Pembuatan toilet.
  • Dibuat Jembatan sepanjang 3 meter yang menjadi penghubung plaza dengan anjungan selfi.

Tiket Masuk Curug Malela

Perubahan Curug Malela Dulu Dan Kini

Dulu tiket masuk sebesar Rp.5.000 per pengunjung tetapi sekarang menjadi Rp.11.000 untuk jumlah pengunjung 2 orang, jadi tiket masuk tidak mengalami perubahan yang signifikan, kemudian untuk parkir motor sebesar Rp.2.000.

Alamat Curug Malela

Perubahan Curug Malela Dulu Dan Kini

Lokasi curug Malela berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40565. Sekarang jalan menuju ke parkiran curug sudah bagus tidak seperti gambar diatas.

Rute menuju curug Malela

Jika melalui akses tol bisa keluar di tol Padalarang atau jalur puncak perjalanan dilanjutkan menuju Cimareme – Batujajar – Cihampelas – Cililin – Sindangkerta – Rongga.

Dari arah Bandung atau Leuwi Panjang tidak melalui tol bisa mengambil jalur menuju Padalarang kemudian belok Cimareme – Batujajar – Cihampelas – Cililin – Sindangkerta – Rongga. Tetapi jika menggunakan mobil silahkan keluar di Padalarang dengan rute selanjutnya sama.

Atau jika dari arah Bandung mobil dapat keluar tol Baros kemudian Patrol – Cihampelas – Cililin – Sindangkerta  dan terakhir Rongga.

Menurut emiscara lebih menggunakan kendaraan pribadi yang paling enak motor karena jika naik kendaraan umum harus turun naik ganti jurusan. Misalnya dari terminal Leuwi Panjang harus naik Madona ke Sindangkerta dilanjutkan menunggu elf ke Bunijaya.

Atau bisa juga langsung naik elf namun harus dari terminal Ciroyom, selain itu ketika tiba di Cicadas masih jauh dan harus dilanjutkan dengan naik ojeg.

Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat sekarang sudah bisa sampai tempat parkir curug Malela jadi apabila ada yang mengatakan mobil tidak dapat masuk adalah tidak benar terkecuali bus pariwisata.

Sekedar saran untuk menuju kesana siapkan stamina yang kuat karena pemandangan indah curug Malela harus dibayar dengan perjalanan menuruni lokasi air terjun yang melelahkan dengan meniti ratusan anak tangga, apalagi ketika akan naik kaki akan terasa pegal.

Bagi yang berkunjung ke curug Malela  Cililin dengan maksud mengabadikan curug sebaiknya jangan datang musim hujan karena air terlihat kecoklatan, dan ingat jam 4 sore harus sudah naik keatas untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.