Perlengkapan Yang dibawa Untuk Bayi Baru Lahir Rumah Sakit

Advertisement

Mempersiapkan perlengkapan untuk bayi lahir terkadang kurang diperhatikan terutama bagi pasangan muda seperti pengalaman saya ketika dikarunia anak pertama. Karena baru pertama kali dan tinggal di perantauan/jauh sehingga tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan.

Alhasil pada saat buah hati hadir ke dunia saya harus mencari perlengkapan bayi karena belum lengkap. Dan sekarang kami sedang menunggu anggota keluarga baru belajar dari anak pertama, saya harus membuat daftar perlengkapan bayi.

Jangan sampai kejadian kedua kali ketika di rumah sakit harus mencari ke toko perlengkapan bayi akibat kurangnya persiapan dari awal, dibawah ada informasi apa saja yang harus dibeli untuk bayi baru lahir.

Perlengkapan Untuk Bayi Baru Lahir

Perlengkapan Yang dibawa Untuk Bayi Baru Lahir Rumah Sakit

Yang emiscara bahas disini adalah segala sesuatu yang harus dipersiapkan apabila bayi akan lahir di rumah sakit, rumah bersalin atau bidan.

Perlengkapan mandi bayi

Berdasarkan pengalaman di rumah sakit sudah pasti ada alat untuk memandikan bayi, yang harus disiapkan yaitu shampo bayi, sabun, minyak telon, bedak dan handuk.

Gurita bayi

Setelah rapih atau selesai dimandikan bayi akan diberikan gurita, sebaiknya persiapkan atau perkirakan akan berapa lama di tempat persalinan tersebut.

Popok kain

Jika sudah diberi gurita Kemudian bayi akan dikenakan popok, sebaiknya gunakan popok kain yang lembut

Baju dan celana

Kemudian sang buah hati yang baru lahir akan dipakaikan baju dan celana, sebaiknya bawa baju dan celana lengan pendek dan lengan panjang.

Bedong

Selanjutnya beli dan bawalah kain untuk membedong bayi minimal setengah lusin, karena setalah bayi menggunakan pakaian umumnya bayi akan dibedong

Topi, sarung tangan dan sarung kaki

Agar suhu bayi tubuh baru lahir tetap hangat selain diberikan selimut kenakan juga topi, sarung tangan dan sarung kaki.

Botol susu dan susu formula

Usahakan bayi diberikan ASI ekslusif ketika lahir diawal awal bayi akan kesulitan menyusu dan harus dicoba terus oleh Bunda. Tetapi apabila Ibu tidak dapat memberikan ASI harus mempersiapkan botol susu berikut susu formula.

Baca juga: mengobati bayi demam secara alami

Masukan semua perlengkapan bayi kedalam tas dan yang paling ideal adalah tas bayi karena memiliki banyak kantung untuk menempatkan berbagai keperluan bayi.

Jangan lupa bawa gendongan bayi yang nanti digunakan ketika pulang dari rumah sakit atau bidan, demikianlah pengalaman saya mempersiapkan perlengkapan untuk bayi baru lahir dan yang jelas cari saja perlengkapan yang murah tetapi nyaman.

Catatan: Sebelum membeli di toko silahkan cek harga perlengkapan bayi secara online di marketplace untuk perbandingan,