Penyebab Kena Biaya ATM Link Ketika Tarik Tunai

Advertisement

Beberapa hari lalu saya melakukan penarikan uang dengan menggunakan kartu ATM BNI di ATM BRI tetapi sampai rumah mencoba cek mutasi rekening, bingung karena ada biaya ATM Link dengan jenis transaksi penarikan tunai. Karena BNI dan BRI tergabung pada HIMBARA sehingga tidak ada biaya tarik tunai.

Biaya tarik tunai di ATM BRI tersebut sebesar Rp.7.500 dan untuk meminta penjelasan emiscara menghubungi costumer service BNI lewat media sosial Facebook. Masih penasaran emiscara juga menelepon call center BNI di nomor 1500046.

Ternyata penyebab tarik tunai di ATM Link ada biaya karena tidak semua ATM sudah memiliki fasilitas ATM Link Himbara, untuk lebih jelasnya dibawah saya akan memberi informasi perbedaannya.

Penyebab Kena Biaya ATM Link

Penyebab Kena Biaya ATM Link Ketika Tarik Tunai

Awalnya saya ingin mengambil uang di ATM BNI tetapi karena pada mesin ATM tersebut tidak ada pecahan Rp.50.000, akhirnya mengambil di ATM BRI yang terdapat pecahan Rp.50.000. Dan setelah keluar struk penarikan saldo akhir berkurang dari yang seharusnya (uang yang diambil).

Setelah sampai rumah membuka Internet Banking BNI dan ternyata ada pemberitahuan “Biaya ATM Link” Rp.7.5000 seperti tampak pada gambar. Setelah bertanya kepada costumer service, petugas mengatakan agar tidak kena biaya pastikan terlebih dahulu jenis ATM tersebut jenis Himbara.

Selamat siang Bapak, mohon maaf atas kendala yg terjadi. Apakah sudah dipastikan mesin ATM Link yg digunakan adalah jenis himbara atau merah putih? Untuk info detail mohon infokan nama lengkap, nomor rekening, serta tanggal transaksi ya Pak yg dikenakan biaya tadi. Terima kasih. -Stacie-

Ciri ATM Link Himbara

Penyebab Kena Biaya ATM Link Ketika Tarik Tunai

Gambar diatas merupakan ATM Link Himbara pada mesin ATM BRI (ada logo Brizzi). Untuk memastikan apakah ATM tersebut merupakan jaringan ATM Link Himbara dapat terlihat pada layar monitor diawal terdapat logo atau tulisan keempat Bank Himbara (Bank BTN, BNI, Mandiri dan BRI).

Begitupun pada layar monitor BNI, Mandiri, BTN muncul gambar seperti diatas, selain itu logo ATM Link terdapat tulisan LINK besar dengan garis pinggir warna merah atau disebut juga ATM Link merah putih. Jika hanya tulisan LINK dengan ukuran kecil dipastikan Anda akan dikenakan biaya administrasi contoh tulisanya seperti gambar dibawah.

Penyebab Kena Biaya ATM Link Ketika Tarik Tunai

Betul saja ketika saya kembali ke mesin atm BRI yang dikenakan biaya ATM Link tersebut, tulisan Link ukuranya kecil. Dan setelah beberapa lama melihat monitor mesin ATM tidak muncul seperti logo dan tulisan keempat Bank BUMN.

Nah bagaimana sudah jelas bukan penyebab kena biaya ATM Link ketika tarik tunai padahal sesama pengguna ATM yang terhimpun dalam HIMBARA. Untuk yang belum jelas apa itu Himbara silahkan Googlin karena sudah banyak yang mengulas, kemudian cara menggunakan ATM Link sama saja.