Pengalaman Si Ayah! Cara Gampang Menidurkan Bayi

Advertisement

Cara menidurkan bayi memang gampang gampang susah apalagi bagi si Ayah, karena secara emosi bayi lebih nyaman dengan sang Ibu. Dan pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman cara membuat bayi tidur dengan mudah.

Karena saya sebagai suami yang memiliki pekerjaan di dalam rumah, saya selalu membantu istri dalam merawat anak kedua yang berumur 7 bulan ketika istri sedang menjemput anak pertama dari sekolah atau sedang memasak.

Awalnya saya kesulitan menidurkan bayi karena anak yang kedua diberikan ASI dan biasanya tidur dengan posisi menyusui pada Ibunya. Tetapi ternyata ada metode menidurkan bayi yang efektif untuk selengkapnya silahkan membaca dibawah.

Cara Menidurkan Bayi dengan Mudah

Pengalaman Si Ayah! Cara Gampang Menidurkan Bayi

Menggendong bayi

Pertama kali yang saya lakukan ketika bayi menangis karena mengantuk yaitu menggendong bayi, kemudian ayun ayunkan secara perlahan dengan begitu bayi akan merasa nyaman. Setelah tertidur baringkan bayi pada kasur.

Bayi jangan langsung ditinggalkan karena biasanya akan bangun kembali ketika merasa tidak ada orang didekatnya.

Membacakan Sholawat

Bagi yang beragama muslim ketika bayi rewel ingin tidur bisa dengan cara menggendong sambil membacakan sholawat, atau bisa juga dengan mendengarkan lagu islami atau lagu apa saja dengan irama yang lembut. Biasanya saya mendengarkan lewat handphone yang diletakan agak jauh (cukup suara musik terdengar).

Menepuk atau Mengelus bagian tubuh bayi

Cara menidurkan bayi ada juga yang tanpa harus digendong yaitu dengan menepuk bagian kaki atau bokong bayi dan mengelus ngelus punggungnya dengan begitu bayi akan merasa nyaman.

Mengatur suhu kamar/ruangan

Jangankan bayi orang dewasa akan susah tidur jika kamar/ruangan jika cuaca panas, mungkin bagi yang memiliki kamar tidur ber AC akan mudah mengatur suhu. Karena saya hanya memiliki kipas angin jadi menggunakan kipas untuk menurukan suhu.

Tetapi kipas jangan diarahkan pada bayi secara langsung, melainkan cukup dipantulkan lewat tembok saja atau apabila siang hari bisa membuka ventilasi di ruangan.

Perhatikan popok/pampers

Salah satu penyebab bayi ngantuk tapi susah tidur yaitu karena pampers atau popok sudah penuh dengan pipis atau BAB. Segera ganti karena disamping bayi tidak nyaman dengan pampers, hal ini berkaitan dengan kesehatan kulit yang bisa menyebabkan kulit bayi iritasi.

Baca juga: alat perlengkapan bayi yang baru lahir

Itulah cara menidurkan bayi dengan mudah mungkin cara diatas berbeda dengan yang lain tetapi itu merupakan pengalaman pribadi saya barangkali cocok diterapkan pada si buah hati kesangan yang tidak mau tidur.

Oh iya berbeda dengan anak pertama yang minum susu formula karena kala itu ASI tidak keluar, jadi jika istri sedang tidak ada saya cukup memberikan susu formula pada botol susu dan langsung tidur. Berbeda dengan anak kedua yang mendapatkan ASI sedikit lebih sulit karena ingin selalu berada di dekat ibunya.

Catatan: bayi sudah diberikan ASI tetapi masih sulit tidur

Foto ilustrasi: https://cdn.pixabay.com/photo/2015/07/19/00/55/laurel