Pengalaman Penjual Ongkir Shopee Tidak Sesuai Sebelum Barang Dikirim

Advertisement

Salah satu keuntungan jualan online di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dll yaitu konsumen tidak akan kwatir ketika membeli produk uangnya tidak kembali. Karena marketplace sudah menggunakan sistem pembayaran rekber jadi menguntungkan kedua belah pihak seller dan pembeli.

Selain itu biaya ongkos kirim ekspedisi akan langsung terlihat ketika memasukan alamat pengiriman. Bahkan ada free ongkir seperti di Shopee jika melakukan pembelian dengan nominal tertentu yang membuat konsumen senang, tidak terkecuali penjual Shopee Mall yang akan banjir order.

Pertama kali jualan di Shopee emiscara sempat bingung karena ongkir Shopee tidak sesuai ketika di JNE seperti yang tertera pada rincian pesanan di aplikasi Shopee. Ada selisih Rp.40.000 untuk pengiriman ke luar Pulau Jawa dari ongkir yang tercantum Rp.18.000.

Tetapi setelah barang dikirim dan memasukan no resi tidak berapa lama rincian pesanan pada bagian informasi pembayaran jumlah ongkir berubah. Selisih ongkir Rp.40.000 tertera ditambah ongkir awal sebesar Rp.18.000, untuk penjual yang belum paham silahkan melihat pengalaman saya dibawah.

Ongkir Shopee Tidak Sesuai Sebelum Barang Dikirim

emiscara mendapat orderan produk senilai Rp.220.000 ke kota di Sumatera Selatan seperti terlihat pada gambar no.1, ongkos kirimnya adalah Rp.18.000 padahal yang dibayar di JNE sebesar Rp.58.000. Selanjutnya saya input resi JNE yang valid (pada gambar no.2)

Kemudian status pengiriman menjadi On Process dan pembeli juga sudah bisa tracking JNE, kemudian pada informasi ada perubahan ongkir pengiriman kemudian ditambah Rp.40.000 yaitu voucher dan subsidi Shopee.

Semua seller Shopee dapat mengikuti program tersebut dengan cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual, Subsidi Ongkir adalah Rp30.000 setiap pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, dan Rp.40.000 bagi yang berada di luar Pulau Jawa.

Pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua) diberikan subsidi ongkir Rp50.000 per pesanan untuk dengan pembelian minimal Rp.90.000

Free ongkir shopee siapa yang tanggung

Untuk paket JNE REG, JNE OKE dan Pos Kilat Khusus, penjual harus/wajib atur berat barang di shopee dengan tepat. Karena apabila berat barang tidak diupdate dan ongkir yang dibayarkan melebihi jumlah subsidi, kekurangan ongkir  akan ditanggung oleh penjual Shopee sendiri.

Lalu kapan penggantian selisih ongkir Shopee?  Jawabanya yaitu biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening. Jelas sudah ongkir Shopee tidak sesuai karena si pembeli mendapatkan subsidi dan nanti ongkir akan berubah.

Jualan di Shopee rugi menurut emiscara tidak juga malah penjual akan mendapatkan order lebih dari satu produk karena pembeli akan mengejar jumlah minimal pembelian untuk mendapatkan subsidi ongkir.

Latest Comments
  1. Nurul Sufitri February 10, 2018