Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Tahun

Advertisement

Tahun ini emiscara mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman dengan membawa anak kedua yang berusia 1 tahun. Untuk sampai di kampung emiscara menggunakan transportasi umum bis MGI, karena lupa mengecilkan AC akhirnya buah hati saya masuk angin dengan ciri perut kembung.

Sehingga menjadi rewel dan ketika diberikan makan muntah karena mual, selain itu buang air besarnya cair atau mencret. Karena ke klinik jauh kemudian bidan dan dokter juga tutup akhirnya saya mencari cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara tradisional.

Salah satunya dengan daun jarak dan berdasar pengalaman hasilnya memuaskan karena kembung pada perut bayi berangsur pulih dalam 2 hari. Dibawah emiscara akan berbagi pengalaman cara menggunakan daun jarak untuk mengobati perut kembung.

Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Tahun Dengan Daun Jarak

1. Ambil satu sampai tiga lembar daun jarak atau kira kira dapat menutup bagian perut bayi.

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Tahun

2. Selanjutnya olesi daun jarak dengan minyak kelapa.

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Tahun

3. Hangatkan daun jarak diatas panci yang dengan sebelumnya mendidihkan air.

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Tahun

4. Terakhir tempelkan dun jarak pada perut bayi selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit, sebaiknya diikat dengan bedong atau gurita supaya lebih berkhasiat.

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Tahun

Jika cara tradisional mengatasi perut kembung berhasil menurut pengalaman bayi akan kentut/buang gas atau bisa juga buang air besar. Tingkat kesembuhan tergantung seberapa besar kondisi kembung yang dialami bayi.

Yang jelas bayi menjadi gampang tidur karena merasa nyaman setelah sebelumnya sulit untuk tidur dan terus menangis.

Lalu bagaimana apabila dirumah tidak ada daun jarak? tentu saja masih ada cara menyembuhkan perut kembung pada bayi yaitu dengan memarut bawang merah untuk dibalurkan pada perut bayi namun akan membuat ruangan beraroma kurang enak.

Usahakan berikan makanan dan minum air hangat untuk menghilangkan rasa mual yang diakibatkan dari perut kembung.

Demikianlah pengalaman yang dapat saya bagikan tentang mengatasi perut kembung pada bayi, semoga bermanfaat dan selalu jaga kondisi balita dalam keadaan fit karena mereka masih rentan terkena gangguan kesehatan.