Pengalaman Jualan di Lazada Pertama Kali

Advertisement

Untuk mencari peluang lebih dalam memasarkan produk secara online bisa dengan bergabung dengan berbagai marketplace. Emiscara juga telah memiliki toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan setelah mengikuti grup Lazada di Facebook akhirnya tertarik juga untuk berjualan di Lazada.

Setelah daftar akun Lazada untuk seller ternyata bingung juga bagaimana mendatangkan pembeli penyebabnya belum memiliki pengalaman jualan di Lazada. Bahkan awalnya kesulitan cara upload produk karena ada kolom dimana penjual harus mengisi merk produknya.

Bagi yang menjual produk sudah memiliki nama brand tentu mudah, tetapi emiscara menjual kerajinan home industri sehingga tidak memiliki merk tersendiri. Namun dengan bertanya sana sini berhasil juga tambah produk di Lazada.

Dibawah emiscara akan berbagi cara menjadi penjual di Lazada dan semoga kalian juga dapat menjual produknya di marketplace Lazada.

Cara Daftar akun Jualan di Lazada

  1. Daftar menjadi penjual di lazada seller center
  2. Diharuskan mengisi form yang berupa lokasi toko, nomor telepon aktif, nama toko, email dan lain lain.
  3. Isi nama informasi penjual seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat dan lain lain.
  4. Terakhir upload dokumen KTP dan halaman pertama no rekening tabungan dan disusul dengan mencentang menyetujui kebijakan Lazada.

Cara Upload Produk di Lazada

Supaya lebih mudah emiscara akan menyertakan gambar bagaimana cara unggah produk dengan metode Single Upoad.

Setelah membuka seller center pada menu produk klik Tambahkan Produk

Selanjutnya pilih kategori yang berdasarkan melakukan pencarian rekomendasi kategori produk, melakukan pencarian produk yang ada di Lazada dan pilih kategori secara manual.

Pengalaman Jualan di Lazada Pertama Kali

Isi dengan cara mengatur kategori dari umum ke khusus misalnya menjual mouse komputer, dapat memilik kategori Komputer & laptop > Aksesoris Komputer > Mouse > Mouse Gaming atau Mouse basic. Kemudian apabila sudah selesai klik Pilih.

Pengalaman Jualan di Lazada Pertama Kali

Ketika sampai informasi SPU emiscara mengalami kebingungan untuk form Category dan Merek dan setelah bertanya ke yang lebih berpengalaman jualan di Lazada berhasil juga dengan category  diisi MultiProduks dan kolom Merek diisi nama singkat produk.

Pengalaman Jualan di Lazada Pertama Kali

Jika sudah akan masuk ke tahap Lebih detail guna mengisi judul produk, deskripsi dan garansi jika toko kalian memberikan (tidak wajib). Jika sudah isi kembali form SKU dan mulai upload gambar, tinggal ikuti saja sampai dengan selesai.

Pengalaman Jualan di Lazada Pertama Kali

Jika sudah tunggu sampai produk jualan di setujui oleh Lazada, harap diingat banyak penjual yang tidak dapat berjualan karena foto atau gambar tidak memenuhi persyaratan seperti ukuran pixels atau backgroud foto produk.

baca juga: langkah awan menjadi penjual di Tokopedia

Apabila disetujui produk akan live yang berarti seller sudah dapat berjualan dan produknya sudah muncul dalam pencarian. Selain cara single upload ada juga fitur mass upload Lazada atau cara upload massal hal ini biasanya digunakan oleh dropshipper atau pemilik toko diluar Lazada dan ingin memindahkan gambar, harga dan deskripsi sekaligus.

Pengalaman jualan di Lazada pertama kali sampai dengan mendapat order perdana yaitu dengan melakukan promosi produk atau memasang iklan. Atau bisa juga mengikuti campaign yang diadakan pihak Lazada untuk waktu tertentu.

Sekian dan terimakasih semoga dapat membantu kalian yang ingin berjualan di Lazada.