Mengobati Gula Darah Tinggi Secara Alami Dengan Biji Rambutan

Advertisement

Orang dengan gula darah tinggi umumnya telah terdiagnosis menderita diabetes mellitus tetapi kadar gula yang tinggi bisa juga dialami oleh orang sehat. Mengobati gula darah tinggi tidak harus meminum obat kimia karena bisa juga dengan cara alami.

Salah satu cara menurunkan gula darah adalah dengan mengkomsumsi biji buah rambutan yang diolah terlebih dahulu. Proses pembuatan biji rambutan menjadi obat diabetes tidaklah sulit karena dapat menggunakan alat yang ada di dapur saja.

Khasiat biji rambutan dapat digunakan untuk pengobatan gula darah tinggi diperkuat oleh penelitian yang dilakukan pengajar Universitas Ubudiyah Indonesia dari Aceh. Nah bagi yang belum mengetahui cara pembuatanya dapat membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengobati Gula Darah Alami Dengan Biji Rambutan

1. Cari buah rambutan yang masih segar kemudian kupas lalu pisahkan daging dengan bijinya.

Mengobati Gula Darah Tinggi Secara Alami Dengan Biji Rambutan

2. Selanjutnya keringkan biji rambutan dengan cara dijemur dibawah panas matahari kurang lebih selama 5 hari tau sampai benar benar kering.

Mengobati Gula Darah Tinggi Secara Alami Dengan Biji Rambutan

3. Lakukan proses penyangraian atau digonseng setelah berwarna kecoklatan diamkan sampai dingin.

Mengobati Gula Darah Tinggi Secara Alami Dengan Biji Rambutan

4. Setelah digonseng haluskan biji rambuatan bisa dengan menggunakan cobek atau blender.

Mengobati Gula Darah Tinggi Secara Alami Dengan Biji Rambutan

5. Terakhir silahkan ambil biji rambutan yang sudah dihaluskan kedalam gelas sebanyak 3 sendok teh setelah itu berikan air panas secukupnya.

Mengobati Gula Darah Tinggi Secara Alami Dengan Biji Rambutan

Saring air biji rambutan pada gelas yang berbeda kira kira setengah gelas, minum 3 gelas sehari agar kadar gula kembali normal.

Untuk membuktikan apakah cara tersebut berhasil disarankan sebelum dan sesudah minum obat diabetes alami tersebut periksa dahulu gula darah menggunakan alat ukur gula darah. Yang bisa dibeli sendiri dengan harga berkisar Rp.200.000 atau mengecek gula di apotik, klinik atau laboratorium kesehatan.

Bagi yang sehat namun gulanya tinggi sebaiknya mulai menerapkan hidup sehat seperti menjaga pola makan yang baik, tidak minum alkohol dan merokok. Karena jika sudah terkena diabetes dan tidak segera ditangani akan mengganggu organ tubuh yang lain seperti ginjal atau jantung.

Dan untuk penderita diabetes melitus jangan berkecil hati tetap selain minum air biji rambutan harus juga berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, agar mendapat penanganan yang tepat serta mengetahui makanan dan minuman yang tidak boleh dikomsumsi.

Ciri kadar gula darah tinggi

1. Merasa haus meskipun telah banyak minum

Orang yang kadar gula darah tinggi akan merasa haus padahal telah minum air dalam jumlah banyak, selain itu akan sering buang air kecil. Hal tersebut merupakan akibat fungsi ginjal mengalami gangguan karena tubuh tidak dapat mengontrol gula darah.

2. Sering merasa lelah

Walaupun gula sumber utama energi bagi tubuh tetapi kadar gula darah diatas nilai normal akan mengganggu fungsi insulin yang menyebabkan tubuh merasa kelelahan

3. Merasa lapar

Tanda tanda gula naik adalah tubuh merasa lapar karena kadar gula tinggi tidak dapat diolah tubuh sehingga sel sel dalam tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan lama kelamaan berat badan turun.

4. Pandangan terganggu

Ketika gula darah tinggi penglihatan menjadi kabur karena ketidakmampuan tubuh memberikan energi kepada syaraf untuk indera penglihatan.

5. Sakit gigi dan gusi

Selain mata  terganggu gejala gula darah tinggi adalah nyeri dan sakit pada gusi serta gigi, kemudian air liur yang dihasilkan juga tidak bagus karena kelenjar air liur terganggu.

Demikianlah informasi mengenai mengobati gula darah tinggi secara alami dengan biji rambutan, namun sebenarnya banyak bahan alami yang berkhasiat dalam penurunan gula darah seperti sukun, manggis dan masih banyak lagi.

Sumber foto: https://www.youtube.com/watch?v=O4F3vr8wSLs