Membuat Obat Asam Lambung Sendiri di Rumah

Advertisement

Mengalami gangguna kesehatan gastroesophageal reflux disease (GERD) atau kita sering menyebutnya dengan asam lambung memang sangat mengganggu. Karena dada seperti terbakar yang pemicu disebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Ternyata apabila tidak kronis kita bisa membuat obat asam lambung sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat. Anak anak dan orang dewasa dapat mengalami penyakit yang gejalanya mirip dengan serangan jantung koroner.

Yaitu apabila asam lambung naik dada terasa terbakar terutama setelah makan atau ketika berbaring. Walaupun tidak mematikan namun asam lambung jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi. Nah apa saja obat asam lambung alami tersebut? simak dibawah.

Cara Membuat Obat Asam Lambung Sendiri di Rumah

Pepaya, Gambir dan Madu Asli

Membuat Obat Asam Lambung Sendiri di Rumah

Obat alami untuk asam lambung salah satunya buah pepaya yang sudah matang kemudian dikombinasikan dengan gambir dan madu asli. Untuk yang belum tahu gambir merupakan buah yang biasa digunakan untuk menyirih (bisa dibeli di pasar tradisional).

Selain gambir untuk menjadi obat asam lambung yang ampuh pepaya harus ditambah madu asli setelah dicampur silahkan diminum setiap pagi hari sebelum sarapan.

Cara membuat:

  • Potong pepaya, bijinya dibuang terlebih dahulu kemudian potongan pepaya dimasukan kedalam gelas prosesnya sama seperti akan membuat jus.
  • Aduk sampai rata bisa menggunakan sendok atau alat penggerus dan sebaiknya jangan menggunakan blender.
  • Tambahkan dua sendok makan madu asli kemudian aduk sampai rata.
  • Ramuan alami obat asam lambung pun siap diminum.

Jahe, Kayu Manis, Ketumbar dan Madu

Membuat Obat Asam Lambung Sendiri di Rumah

Ternyata jahe selain untuk membuat masakan tertentu menjadi enak, apabila dikombinasikan dengan ketumbar, kayu manis ditambah madu dapat menjadi obat ampuh asam lambung. Karena senyawa fenolat pada jahe dapat meredakan iritasi pada saluran cerna di lambung.

Walaupun racikan ini akan terasa aneh dilidah tetapi manfaatnya sangat banyak untuk yang menderita GERD tentunya dengan mengkomsumsi yang benar.

Cara membuat:

  • Potong jahe dengan ukuran kecil setelah sebelumnya dipisahkan dari kulitnya.
  • Geprek atau pipihkan jahe .
  • Panaskan air sampai mendidih.
  • Masukkan jahe, ketumbar dan kayu manis kedalam gelas.
  • Tambahkan air panas kedalam gelas.
  • Terakhir tambahkan satu sendok teh madu.
  • Silahkan diminum selagi hangat denga takaran 1X sehari.

Itulah cara membuat obat asam lambung sendiri di rumah dan disamping kedua ramuan tersebut masih banyak tanaman atau buah yang berkhasiat mengobati asam lambung.

Apabila setelah mengkomsumsi masih belum sembuh silahkan mendatangi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Dan ramuan diatas tidak dianjurkan untuk wanita hamil serta orang dalam kondisi yang tidak boleh mengkomsumsi kesemua bahan diatas.

Menghindari Penyakit Asam Lambung

Untuk meminimalisir terkena GERD sebaiknya mengubah perilaku sehari-hari diantaranya dengan menurunkan berat badan kemudian jangan langsung berbaring setelah makan dan berhenti merokok.

Jika mengalami gejala sering bersendawa, mual dan muntah, maag dan sesak napas bisa meminum obat alami seperti diatas. Sekali lagi apabila tidak ada perubahan pergilah ke dokter gastroenterologi karena tulisan ini hanya sebagai informasi bukan untuk menggantikan peran dokter.

Sekian terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Foto: Pixabay,com