Manfaat Penggunaan Sarung Tangan Karet

Advertisement

Dikalangan medis penggunaan sarung tangan karet sudah tidak asing lagi ketika sedang bertugas, untuk menghindari tertular virus atau bakteri pada saat mengobati pasien.  Apalagi untuk tenaga medis yang bertugas di ruang operasi harus menggunakan sarung tangan yang steril.

Salah satu bahan sarung tangan yang bagus yaitu dari material karet atau latex gloves namun tidak hanya tenaga kesehatan, masyarakat umum pun sebaiknya memakai sarung tangan karet ketika beraktifitas seperti saat berkebun atau membersihkan rumah.

Mungkin saja jenis karet untuk medis dan masyarakat umum berbeda jenis karetnya, namun yang jelas sarung tangan karet nyaman digunakan karena bersifat elastis. Sehingga tidak membatasi gerak dari telapak tangan ketika mengerjakan sesuatu.

Manfaat Penggunaan Sarung Tangan Karet

Manfaat Penggunaan Sarung Tangan Karet

foto: pixabay

1. Melindungi dari virus dan bakteri

Untuk menjaga diri terkena penularan virus dan bakteri dari pasien kemudian demi menjaga kesterilan alat kesehatan.  Jenis sarung tangan berbahan lateks dispossible sehingga hanya dapat digunakan satu kali pakai saja. Dan handscoon atau sarung tangan medis tersebut tidak diperbolehkan untuk dicuci.

2. Menghindari kontak dengan kotoran

Misalnya bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi berkebun alangkah baiknya menggunakan sarung tangan dengan material latex.  Hal ini dimaksudkan agar kebersihan tangan tetap terjaga ketika memegang tanah yang mungkin saja mengandung bibit penyakit.

Dengan demikian resiko terkena serangan kuman yang menempel pada tanah dapat diminimalisir. Penggunaan sarung tangan lates juga membuat tangan tetap bersih saat memberikan pupuk tanaman yang mengandung zat kimia. Atau ketika memegang cairan disinfectant ketika mengepel lantai dan lain lain.

3. Mencegah tangan terluka oleh benda tajam

Dibanding dengan sarung tangan berbahan kain dan benang, sarung tangan karet lebih baik menjaga tangan tergores oleh benda tajam.  Karena lebih tebal namun tetap nyaman digunakan (memiliki sifat lentur atau elastis).

Selain mencegah tangan terluka oleh benda tajam, sarung tangan karet dapat melindungi seseorang dari kesetrum atau terkena sengatan listrik. Karena bukan hal yang mustahil ketika beberes rumah dan halaman ada kabel putus dan masih mengalirkan listrik.

Alasanya karet merupakan isolator atau bukan penghantar listrik sehingga tubuh aman dari kecelekaan terkena aliran listrik yang dapat menimbulkan kematian.

Harga sarung tangan karet memang lebih mahal dibandingkan yang menngunakan benang atau kain. Hal ini karena beda fungsinya, biasanya sarung tangan benang atau kain digunakan sesorang untuk menghindari tangan terkena sinar matahari secara langsung atau hanya digunakan untuk fesyen sehingga penampilan terlihat menarik.

Itulah manfaat penggunaan karet yang dapat diaplikasikan pada kegiatan sehari hari atau berbagai jenis pekerjaan. Untuk itu biasakanlah menggunakan sarung tangan berkualitas sehingga hal hal yang tidak diinginkan dapat dicegah.