Ko Bisa Makan Banyak Tapi Tetap Berat Badan Tidak Naik Kenapa?

Advertisement

Terkadang saya bingung kenapa ada orang makan banyak tapi tetap kurus, mungkin untuk yang kelebihan berat badan akan membuat iri. Karena siapapun pasti menginginkan badan tetap langsing walaupun banyak makan.

Tetapi bagi yang ingin gemuk tentu ini menjadi sebuah pertanyaan karena sudah makan banyak tapi tetap berat badan tidak naik. Biasanya pada anak anak ada yang mengatakan cacingan namun sebenarnya pendapat ini tidak sepenuhnya benar karena bisa saja ada faktor lain.

Dibawah ada beberapa alasan penyebab badan kurus padahal makan banyak dan yang akan dibahas yaitu bukan berasal dari penyakit sehingga dapat dicari cara mengatasi masalah tersebut.

Makan Banyak Tapi Tetap Kurus Begini Mengatasinya

Ko Bisa Makan Banyak Tapi Tetap Berat Badan Tidak Naik Kenapa?

Mengkomsumsi makanan yang salah
Pola makan yang kurang tepat seperti kurangnya kandungan nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh setiap harinya, sehingga jumlah kalori yang dihasilkan pun lebih sedikit yang akhirnya akan menurunkan berat badan atau berat badan tetap stagnan.

Cara mengatasi yaitu dengan mengkomsumsi sumber makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang cukup.

Aktivitas Olahraga yang Berlebihan
Meskipun olahraga itu sehat tetapi apabila dilakukan terlalu berlebihan akan menyebabkan tubuh kekurangan  cadangan kalori.  Akibatnya ketika tubuh mendapat asupan makanan langsung digunakan untuk olahraga dengan intensitas tinggi atau berlebih.

Efeknya karena kebutuhan energi tidak seimbang dengan asupan makanan sehingga berat badan tidak akan meningkat atau kurus. Cara mengatasinya perhatikan kebutuhan energi per hari harus lebih besar daripada energi yang dikeluarkan (olahraga).

baca juga: efek stres bisa jadi badan kurus atau sebaliknya

Yang menyebabkan makan banyak tapi tidak gemuk tidak bisa juga karena beberapa faktor diantaranya genetik misalnya orangtuanya berperawakan kecil dan kurus sehingga tidak bisa diatasi dengan cara apapun, tipe tubuh manusia, defisiensi mineral atau penyakit lain.

Untuk tipe tubuh manusia terbagi tiga yaitu Ectomorph massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori. Endomorph memiliki ciri bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik namun sulit untuk diturunkan.

Kemudian yang terakhir adalah tipe Mesomorph adalah berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan, tidak gemuk namun tidak juga kurus.

Sehingga sudah dipastikan kenapa ada orang makan banyak tapi tetap kurus termasuk tipe tubuh manusia  Ectomorph. Demikianlah ulasan singkat mengenai kekurangan berat badan untuk menjadi gemuk bisa konsultasi kepada dokter atau bisa juga bertanya kepada ahli gizi.