Keuntungan Minum Jus Semangka Secara Rutin

Advertisement

Jika mendengar Citrullus lanatus sebagian orang mungkin bingung namun jika disebut semangka pasti akan ingat buah dengan kulit hijau dan daging buahnya berair berwarna merah. Biasanya setelah dikupas semangka dapat  dimakan langsung tetapi jika diolah menjadi jus semangka rasanya tidak kalah enak.

Selain itu ada khasiat jus semangka yang jarang diketahui misalnya untuk kesehatan pria karena semangka memiliki kandungan lycopene dan antioksidan yang dapat mencegah gangguan prostat. Dan untuk wanita jus semangka ternyata dapat menjaga kesehatan kulit.

Dibawah ada beberapa manfaat minum jus semangka apabila dilakukan secara rutin, sehingga dapat menjadi alternatif bagi Anda dalam menjalankan pola hidup sehat.

Khasiat Minum Jus Semangka Secara Rutin

Keuntungan Minum Jus Semangka Secara Rutin

pixabay.com

Menghindari dehidrasi

Dengan memiliki kandungan air yang sangat tinggi buah semangka dapat mencegah sesorang dehidrasi terutama pada saat cuaca sedang panas, nah tentunya jika sedang dalam perjalanan dan lupa membawa bekal buah semangka bisa dengan minum jusnya yang banyak dijajakan.

Meningkatkan energi 

Untuk mendapatkan tenaga atau energi manusia butuh karbohidrat dan ternyata buah semangka mengandung karbohidrat yang dihasilkan oleh fruktosa alami. Jadi apabila seseorang lupa sarapan untuk menjalani aktivitas sehari hari bisa mengkomsumsi buah atau jus semangka sebagai sumber energi tubuh.

Menjaga kesehatan jantung 

Karena kaya akan lycopene yang dipercaya dapat menyehatkan jantung dari radikal bebas, karena biasanya penyebab jantung salah satunya dipicu oleh kolesterol jahat. Dengan meminum jus semangka tanpa gula secara teratur jantung akan tetap sehat.

Mencegah disfungsi ereksi

Sebelum terjadi pria dapat mencegah disfungsi ereksi atau biasa impotensi dengan buah semangka seperti yang dikemukanjan Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, yang intinya buah semangka memiliki kandungan citrulline .

Manfaat citrulline  pada semangka yaitu dapat memperlancar aliran darah ke organ penting pria dengan catatan tidak ada masalah lain seperti kerusakan saraf.

Dapat menurunkan tekanan darah

Ada penelitian dari Florida State University selama 12 minggu kepada 13 orang berusia paruh baya yang gemuk. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang diberi ekstrak semangka 4 gram asam amino L citrulline dan 2 gram L arginine setiap hari tekanan darahnya mengalami penurunan.

Selain beberapa manfaat kesehatan diatas ternyata jus semangka yang dikombinasikan dengan buah anggur bagus untuk sehingga dapat menurunkan berat badan.

Cara membuat cukup mudah hanya dengan 1/4 buah semangka ditambah dengan 5 buah anggur yang telah dibuang pada bagian biji. Setelah campurkan dalam juicer namun jangan menambahkan gula, silahkan jus ini diminum 1 gelas di pagi hari setelah bangun tidur.

Demikianlah informasi mengenai keuntungan atau khasiat jus semangka secara rutin yang akan berdampak bagi peningkatan kualitas kesehatan Anda