Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setelah sekian lama menggunakan kartu ATM Mandiri akhirnya merasakan juga kartu ATM tertelan mesin, kejadiannya pada hari Jumat 10 April 2015 lalu. Di lokasi tersebut kebetulan dijaga satpam bank dan juga sedang ada petugas yang memperbaiki mesin,

Saya pikir mereka bisa langsung membantu tetapi setelah saya ceritakan mereka cuma bilang sebaiknya hubungi CS mandiri di 14000 karena kartu ATM yang sudah tertelan mesin tidak dapat diambil kembali.

Setelah mendapat penjelasan dari satpam tersebut akhirnya saya coba hubungi call center di no 14000 melalui ponsel dengan tujuan meminta agar kartu ATM Mandiri tersebut diblokir segera sebelum saya dapat membuat kartu penggantinya di kantor cabang.

Penyebab Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin

Salah satu penyebab yang sering membuat kartu ATM tertelan mesin adalah karena kita terlalu lama mengambil kembali kartu tersebut setelah digunakan seperti yang saya alami hari itu, saya melakukan dua transaksi yaitu pembayaran kartu kredit dan juga tarik tunai,.

Karena ingin memastikan pembayaran sudah betul setelah selesai transakasi saya periksa kembali slip dan lupa membiarkan ATM masih ada dimesin, walhasil beberapa detik kemudian muncul peringatan yang kira-kira menyebutkan kita kebabisan waktu untuk mengambil kartu tersebut dan akhirnya ATM pun masuk kembali ke mesin tanpa bisa dikeluarkan. Baca juga Cara mengganti ATM Mandiri yang terblokir karena tertelan mesin.

Cara Mengatasinya Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin

Ketika kejadian ini menimpa anda sebaiknya tidak usah panik dan lakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasinya.

  1. Catat no rekening bank anda, karena nanti akan ditanyakan.
  2. Segera laporan ke petugas bank, jika lokasi ATM memang ada dibank atau hubungi ke 14000 kemudian ikuti petunjuknya dan nanti anda akan dihubungkan ke bagian yang mengurusi masalah pemblokiran kartu ATM (Siapkan pulsa minimal 20.000 jika anda menelpon dari HP)
  3. Setelah terhubung ke CS mandiri segera jelaskan anda minta kartu atm diblokir dan tunggu jangan tutup telepon dulu sampai mereka selesai melakukan pemblokiran.
  4. Siapkan buku tabungan, kartu identitas seperti KTP lalu datangi kantor cabang Mandiri untuk minta penggantian ATM baru, siapkan juga uang 6.000 rupiah untuk membayar biaya materai.
  5. Setelah mendapatkan kartu pengganti, tunggu beberapa saat sebelum anda dapat menggunakannya atau untuk lebih pastinya tanya ke petugas tersebut berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum kartu dapat digunakan.

Apa Yang Ditanyakan Petugas CS Bank Ketika Anda Meminta Pemblokiran ATM?
Untuk memastikan anda adalah memang benar pemegang kartu tersebut tentu petugas akan menanyakan beberapa hal seperti :

  1. No Rekening tabungan
  2. Nama dan alamat sesuai yang tertera di rekening tersebut.
  3. Jenis kartu yang digunakan
  4. Berapa banyak anda memiliki rekening mandiri.
  5. Nama ibu kandung.
  6. Perkiraan saldo terakhir dan kapan transaksi ATM terakhir dilakukan.

Itulah beberapa hal yang akan mereka tanyakan dan jangan lupa jika anda menelpon dari HP pastikan memiliki pulsa yang cukup agar tidak terputus saat berbicara, dan dari pengalaman saya pulsa yang dihabiskan ketika menghubungi CS Mandiri sekitar 15.000 ribuan karena kita juga diminta menunggu untuk tidak menutup telepon saat mereka melakukan proses pemblokiran.

Kesimpulannya : ketika kartu ATM Mandiri anda tertelan mesin jangan panik tetapi segera hubungi CS bank dan minta dilakukan pemblokiran setelah itu baru anda minta penggantian kartu ATM baru tidak perlu mendatangi kantor dimana anda membuka tabungan tetapi bisa dilakukan di kantor cabang mana saja selama anda bawa kartu tabungan dan kartu identitas/KTP. 

Advertisement
Latest Comments
  1. Fahmi Eureka July 3, 2015
    • wiwik junaedi Junaedi August 21, 2015
  2. Unknown December 30, 2015
  3. Safruz Zamal January 26, 2016
    • emiscara January 26, 2016