Jawaban Kenapa Tidak Bisa Input Resi Pos di Market Place

Seperti kita ketahui bagi yang membuka toko di Tokopedia, pelapak di Bukalapak, Shopee, Lazada atau market place lain, setelah produknya laku terjual harus input nomor resi yang didapat ketika mengirim paket dari kantor POS atau dari perusahaan jasa ekspedisi seperti JNE, J&T, Wahana dll.

Kali ini emiscara akan membahas cara memasukan resi bagi yang menggunakan POS, karena banyaknya pertanyaan kenapa tidak bisa input resi POS, padahal sudah memasukan angka sesuai dengan yang tertera pada struk bukti pengiriman.

Ternyata jika diteliti pada struk no resi berjumlah kurang lebih 28 digit angka sehingga selalu salah ketika di input pada kotak masukan resi di bukalapak misalnya. Karena yang benar adalah 11 digit angka dan pada struk ditulis dengan no barcode.

Jawaban Kenapa Tidak Bisa Input Resi Pos

Untuk yang belum jelas silahkan perhatikan gambar struk bukti pengiriman lewat kantor POS dibawah ini. Biasanya kesalahan terjadi ketika penjual memasukan angka yang ada di tulisan No resi (lihat gambar) padahal no resi yang diminta Bukalapak, Shopee, Tokopedia dll adalah yang tertulis no barcode (kotak kedua yang diberi garis merah)

Nah sekarang terjawab sudah pertanyaan kenapa input resi pos selalu gagal, karena si penjual pada menu konfirmasi pengiriman barang memasukan angka pada no resi bukan no barcode.

Komplainan pun akan datang karena akan sulit bagi si pembeli untuk melacak kiriman pos tanpa nomor resi. Akhirnya penjual akan ditanya apakah sudah dikirim atau belum atau kenapa kiriman paket belum sampai yang akan merepotkan.

Untuk jenis layanan pos juga terkadang ada salah kaprah tentang kilat khusus yang dikira besok akan sampai di konsumen. Padahal ada perbedaan pos kilat khusus dan express, yaitu layanan express adalah kiriman paket harus diterima konsumen esok hari sama seperti JNE YES.

Dan biaya pos express berbeda dengan tarif pos kilat khusus biasanya dua kali lipatnya. Untuk jam pengiriman express pun berbeda karena hanya melayani dari pukul 07.00 sd 14.30 setelah lewat akan masuk layanan pos kilat khusus.

baca juga: prosedur retur barang lazada di kantor pos

Demikianlah informasi singkat mengenai permasalahan kenapa tidak bisa input resi pos, apabila artikel ini dirasa bermanfaat silahkan berbagi dengan orang lain dengan cara di share.

Advertisement