Jangan Panik Jika Kurang Bayar di Tokopedia Ini Solusinya

Tadi siang admin belanja baju di tokopedia yang pembayaranya melalui transfer Bank via teller, tetapi karena tergesa gesa sehingga salah dalam mencatat total uang yang harus dibayarkan.

Masalahnya kurang bayar di tokopedia ini jumlahnya kecil sekali sehingga tidak mungkin dapat dilakukan melalui transfer antar Bank online. Admin mentrasfer uang ke tokopedia melalui teller Bank Mandiri karena belum memiliki rekening disana.

Sebagai catatan admin hanya memiliki ATM Bank BNI, namun ketika mencoba transfer dari BNI ke Bank Mandiri selalu gagal karena tidak mencapai batas minimal transfer ke beda Bank.

Panik pun melanda karena harus segera konfirmasi pembayaran tokopedia disisi lain terbentur masalah kurang bayar. Namun ternyata situs jual beli online tokopedia memberi arahan cara mengatasi kekurangan atau kelebihan ketika membayar, seperti pengalaman dibawah ini.

Kurang Bayar di Tokopedia Ini Solusinya

1. Masuk ke akun toped terlebih dahulu untuk menghubungi cs tokopedia disini, kemudian klik saya pembeli, lalu klik panah kebawah dibagian “masalah yang kamu alami”.

2. Akan muncul menu seperti dibawah tinggal klik saja drop down (panah kebawah) pertama klik Pembayaran dan Verifikasi Transfer bank (tergantung metode pembayaran) Lebih atau kurang bayar klik kurang bayar. Kemudian baca petunjuk mengatasinya seperti langkah berikut:

  • Transfer sisa dana yang kurang
  • Lakukan Konfirmasi Pembayaran
  • Pada kolom “Jumlah yang sudah dibayar”, masukkan semua total dana yang telah kamu transfer
  • Lampirkan bukti transfer dan tulis pada kolom “Keterangan” bahwa kamu sudah men-transfer sisa pembayaran yang kurang
  • Tunggu sampai pembayaran diverifikasi oleh Tokopedia

3. Untuk melakukan transfer kekurangan bayar di tokopedia admin terlebih dahulu daftar mandiri e cash, karena kekurangan hanya Rp.2.000, dari total Rp.65.139 sementara admin hanya transfer Rp.63.139. Kemudian masuk ke menu Konfirmasi pembayaran selanjutnya klik Konfirmasi seperti pada gambar.

4. Langkah berikutnya pada kolom yang tersedia silahkan isi nama penyetor, rekening tujuan (harus sama dengan rekening Bank pertama transfer), isi jumlah total pembelian produk misal Rp.65.139, dan lampirkan bukti transfer dengan memberi keterangan kurang bayar tokopedia

5. Jika langkah dalam membayar sisa kekurangan pembelian di tokopedia sudah benar maka kamu akan mendapat balasan, seperti gambar dibawah dan tinggal nunggu konfirmasi bahwa admin telah melakukan transfer pembayaran untuk pembelian dari Nhayz Store.

Itulah cara mengatasi kurang bayar di tokopedia, dan harap bersabar karena waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi tokopedia membutuhkan waktu 2×24 jam pada hari kerja.

Bagaimana jika transfer lebih ke tokopedia?

Jika dana yang kamu transfer lebih dari total belanja yang tertera pada invoice, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Lakukan Konfirmasi Pembayaran
  • Di kolom Jumlah yang sudah dibayar, masukkan total dana yang kamu transfer
  • Lampirkan bukti bayar untuk mempermudah proses verifikasi
  • Setelah pembayaran diverifikasi, kelebihan dana akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia kamu

Catatan: Pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman admin adalah catat dengan benar jumlah uang yang harus dibayarkan ke tokopedia sehingga tidak lebih atau kurang bayar.

Cara pembayaran tokopedia melalui e Cash Mandiri

1. Masukan PIN mandiri  e-cash kamu, jika belum punya akun silahkan daftar mandiri e-cash terlebih dahu.

2. Jika sudah log in ke e-cash Bank Mandiri kemudian klik bayar toko.

3. Pilih jumlah uang yang ingin kamu transfer, jika tidak ada nominal dana tertera silahkan klik jumlah lainnya.

4. Kamu akan diminta memasukan PIN kembali kemudian isi nominal uang seperti gambar dibawah adalah Rp.2000, untuk kurang bayar ke tokopedia dan klik Lanjut.

5. Cek kembali apakah data sudah benar, isi keterangan (opsional) dan untuk melanjutkan klik proses.

6. Jika sudah nanti akan muncul bukti transfer seperti gambar dibawah.

Diatas merupakan cara pembayaran belanja di tokopedia dengan pembayaran menggunakan Mandiri e-cash, menurut admin ini merupakan cara praktis untuk melakukan transaksi online.

Alasanya untuk membuat e-cash mandiri hanya membutuhkan nomor handphone tanpa harus membuka rekening Bank mandiri, selain untuk pembayaran Mandiri e-cash bisa juga untuk melakukan penarikan tunai di ATM.

Selamat mencoba namun jika setelah melakukan cara diatas pembayaran belum di verifikasi dalam waktu yang ditentukan silahkan email ke contact@tokopedia.com yang merupakan pusat bantuan tokopedia.

Advertisement