Intip Pajak Motor Online Wilayah Jawa Barat Lewat Handphone

Advertisement

Kemarin saya melakukan pembayaran pajak sepeda motor di kantor Samsat Bogor karena sekaligus dengan kewajiban perpanjangan STNK 5 tahun. Yang tidak dilakukan di gerai Samsat yang biasanya ada di pusat perbelanjaan atau Samsat keliling.

Karena selain harus membawa BPKB motor syarat lain adalah nomor rangka dan nomor mesin harus digesek untuk dilampirkan pada formulir permohonan mengganti STNK. Setelah selesai ada salah seorang teman dengan “plat F”  meminta tolong untuk mengecek berapa pajak motor yang harus dibayar karena telah menunggak selama 5 tahun kepada petugas di Samsat.

Kemudian jika hanya untuk mengetahui biaya yang harus dibayar untuk pokok dan denda telat bayar motor pajak  bisa dengan cara cek pajak motor online wilayah Jawa Barat lewat handphone. Selain praktis dia juga dapat mempersiapkan uang dengan benar atau tidak takut kurang.

Beruntung aplikasi Samsat Jawa Barat memiliki aplikasi cek pajak kendaraan bermotor online dengan nama SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat). Aplikasi tersebut dapat diunduh lewat Play store bagi pengguna handphone/Android. Seperti apa cara menggunakan aplikasi SAMBARA tersebut? silahkan simak dibawah.

Cek Pajak Motor Online Wilayah Jawa Barat

1. Install aplikasi SAMBARA lewat Play store, dan kemudian buka.

Intip Pajak Motor Online Wilayah Jawa Barat Lewat Handphone

2. Masukkan Nopol kendaraan pada kotak yang telah tersedia seperti gambar dibawah, jika sudah klik CARI.

Intip Pajak Motor Online Wilayah Jawa Barat Lewat Handphone

3. Tidak berapa lama akan muncul data mengenai kendaraan bermotor seperti merk motor, model, tahun pembuatan, warna, no rangka dan nomor mesin.

baca juga: cara memperpanjang STNK lewat Drive Thru

Setelah itu dibawah ada info pajak kendaraan dan PNBP yang menerangkan pokok pajak, denda pajak kendaraan bermotor, PNBP STNK, PNBP TNKB. Dan total yang harus dibayar, selain itu ada tanggal bayar pajak beserta terakhir kewajiban perpanjang STNK dan keterangan kendaraan telah menunggak pajak lebih dari 5 tahun.

Intip Pajak Motor Online Wilayah Jawa Barat Lewat Handphone

Selain dari aplikasi bagi pemilih handphone yang belum berbasis Android atau Smartphone lain, dapat mengetahui pajak motor kendaraan lewat SMS. Tetapi terkadang entah pulsa habis atau gangguan operator dll suka tidak mendapat balasan.

Mungkin Jawa Barat bukan satu satunya yang dapat mengecek pajak dari hp, karena ada beberapa daerah juga bisa seperti cek pajak kendaraan online Jakarta, Jawa Tengah, Jatim cek pajak Riau dan masih banyak lagi. Pada aplikasi SAMBARA bisa juga melakukan pembayaran pajak online lewat ESamsat Bank BJB.

Demikianlah informasi singkat mengenai cek pajak motor online wilayah Jawa Barat, semoga berrmanfaat dan jangan lupa bayar pajak kendaraan tepat waktu untuk menghidari denda.