Memperpanjang STNK Atas Nama Orang Lain Tapi Alamat KTP Berubah

Tadi pagi admin bayar pajak motor 5 tahunan di Samsat, awalnya berpikir memperpanjang STNK atas nama orang lain yang alamat tempat tinggalnya sudah berubah tersebut bisa dilakukan. Ternyata tidak bisa jika alamat KTP berubah beda Kabupaten, misalnya di STNK si A terdaftar di Kabupaten Bogor tetapi sekarang si A beralamat di Kabupaten Sukabumi.

Setelah mengikuti syarat perpanjangan STNK 5 tahunan mulai dari cek fisik kendaraan, ambil arsip, antri di loket pengesahan. Tetapi ketika sudah sampai di loket loket 1 khusus untuk mengurus balik nama dan ganti STNK 5 tahunan ditolak.

Dengan alasan syarat memperpanjang STNK atas nama orang lain, alamat di KTP harus sama dengan yang di STNK atau masih dalam satu Kabupaten. Dan petugas pun menyarankan di BBN saja atau mutasi dengan cara cabut berkas.

Masalahnya untuk BBN (bea balik nama) harus ada BPKB motor, masalah muncul ketika BPKB asli masih di leasing sebagai jaminan. akhirnya admin memilih mutasi kendaraan sesuai dengan alamat si pemilik pertama. Biaya mutasi untuk Jabar gratis karena memang sedang ada program pemutihan STNK.

Cara mutasi/berkas  kendaraan

  1. Pergi ke bagian cek fisik kendaraan untuk digesek nomor mesin dan nomor rangka.
  2. Selanjutnya datangi loket mutasi.
  3. Setelah itu tunggu petugas akan memberikan berkas.
  4. Kemudian menuju loket fiskal.
  5. Pergi ke Samsat tujuan setelah berkas semua selesai dari Samsat asal.
  6. Cek fisik kembali di Samsat tujuan.
  7. Datangi loket mutasi.
  8. Setelah itu pergi ke loket pembayaran STNK.
  9. Dan terakhir setalah ada tinggal urus BPKB

Dan untuk membuat BPKB baru si pemohon harus menyiapkan STNK baru, salinan BPKB, salinan KTP, BPKB asli, salinan legalisir cek fisik dan fotocopy kwitansi pembelian motor.Utuk membuat BPKB harus mendatangi Polres di bagian Ditlantas. Penerbitan BPKB baru membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai dengan 3 bulan.

Tetapi karena jatuh tempo terakhir perpanjangan STNK adalah bulan Desember akhirnya admin menunda karena BPKB masih di leasing. Nah itulah pengalaman memperpanjang STNK atas nama orang lain yang beda alamat di KTP.

Kesimpulan: Sebaiknya perhatikan jika membeli motor bekas apakah domsili tempat tinggal di KTP sekarang sama dengan di STNK karena harus di mutasi jika berbeda, kecuali langsung di balik nama.

 

 

Advertisement