Hati Hati Tawon Ndas Atau Tawon Vespa Ada di Jakarta Timur

Advertisement

Seperti diberitakan oleh kompas.com dalam kurun waktu 2 tahun tawon Ndas telah merenggut 7 orang warga Klaten, Jawa Tengah. Tawon mematikan ini dikenal juga dengan nama Vespa Affinis, selain Klaten dan beberapa daerah di Jawa kini ditemukan juga tawon Ndas di Cipayung Jakarta Timur.

Jenis tawon ini sangat berbahaya karena dalam waktu yang cepat dapat menghilangkan nyawa manusia yang tersengat. Ciri dari tawon Ndas adalah berwarna hitam dan terdapat gelang warna kuning atau orange pada bagian perutnya.

Dibawah ada beberapa informasi apa yang harus dilakukan apabila menemukan sarang tawon vespa di sekitar rumah atau lingkungan kalian.

Cara Menghadapi Tawon Ndas

Hati Hati Tawon Ndas Atau Tawon Vespa Ada di Jakarta Timur

commons.wikimedia.org

1. Penanganan segera apabila disengat
Jika diantup atau disengat tawon hanya dengan jumlah satu ekor maka bagian tubuh akan bengkak karena alergi untuk mengatasinya kompres dengan es atau obat yang mengandung antihistamin dan corticosteroid. Namun apabila disengat oleh tawon dalam jumlah banyak akan menimbulkan hiperalergi.

Dan harus ditangani selama 1×24 jam karena jumlah sengatan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan efek kematian akibat anafilaksis atau reaksi alergi berat yang merusak organ tubuh. Seperti yang diungkapkan Peneliti biologi LIPI Rosichon Ubaidillah kepada kompas.com

Apabila sengatan cukup banyak dan orangnya sensitif atau alergi dengan racun (venom) sengat, tidak akan lama bertahan hidup.

Kerusakan organ tubuh yang ditimbul oleh sengatan diantaranya edema paru akut dan gagal ginjal dalam hitungan hari.

2. Jangan merusak sarang tawon

Menurut Rosichon Ubaidillah apabila menemukan sarang tawon, sebaiknya tidak merusaknya, karena tawon Ndas mempunyai kemampuan memanggil kawanannya untuk melakukan serangan balik. Jadi ketika pertama kali tawon menyengat akan mengeluarkan senyawa yang memancing kawanan tawon untuk ikut menyerang, senyawa tersebut bernama feromon.

3. Pindahkan sarang ketika gelap

Sebelumnya siapkan kantong palstik bening yang tebal, pisau, kapas, dan cairan etil asetat yang berfungsi untuk membuat tawon pingsan. Waktu yang tepat untuk memindahkan sarang tawon Vespa affinis yaitu ketika kondisi gelap. Namun cara ini memiliki resiko karena itu sebaiknya menghubungi petugas pemadam kebakaran terdekat.

Tempat Bersarang Tawon Ndas

Wilayah Cipayung Jakarta Timur merupakan tempat terbanyak di wilayah Jakarta dengan jumlah pemindahan sarang sebanyak 31 kali dalam rentang 6 bulan dari awal januari 2019 yang dilakukan oleh petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.

Penyebab Jakarta Timur terbanyak ditemukan tawon Ndas menurut Kepala Seksi Operasi Sudin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaiman yang dikutip dari Kompas.com adalah

Karena wilayah Cipayung ini masih banyak hutan kota, masih banyak taman dan kebun. Tawon itu kan banyak bersarangnya di pepohonan yang rimbun, atau kadang di rumah-rumah tua menurutnya.

Sebenarnya bukan saja warga Jakarta Timur karena tawon Ndas bisa saja ditemukan di daerah Anda untuk itu kenali ciri fisiknya kemudian langkah yang tepat ketika mengalami sengatan hewan yang memiliki panjang kurang lebih 3 centimeter ini.

Dirangkum dari: Kompas.com