Hal Sepele Yang Membuat Jualan Online Laris Manis

Perkembangan masyarakat Indonesia yang berbelanja via online, bisa menjadikan inspirasi peluang usaha baru yang bisa dikerjakan di rumah. Keuntungan yang diraih dari jualan online memang menggiurkan tentunya jika toko online kamu laris manis diserbu pembeli.

Bagi yang pertama kali mungkin bertanya bagaimana cara jualan online laris manis seperti yang sudah berjualan sudah lama. Berdasarkan pengalaman admin ada banyak faktor yang menyebabkan online shop banyak pembeli namun terkadang dianggap sepele.

Cara memulai bisnis online yang admin lakukan adalah bergabung dengan marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak dan OLX. Alasanya tidak perlu repot mengatur tampilan toko online dan semua menu untuk pembeli dan penjual sudah tersedia selain itu, website tersebut merupakan tempat jualan online gratis.

Untuk mengejar target penjualan admin juga berjualan online di facebook dengan membuat fanspage toko online. Ingat jangan jualan di beranda fb karena dapat mengganggu teman lain, sehingga bisa bisa kamu di hapus pertemanan atau di blokir. Lalu apa saja hal sepele yang dapat membuat jualan online kamu laris silahkan simak pengalaman admin berikut.

Hal Sepele Yang Membuat Jualan Online Laris Manis

1. Carilah produk wanita
Karena wanita mementingkan penampilan sehingga kemungkinan untuk membeli produk besar sekali terutama jika sudah cocok biasanya langsung membeli, contoh produk laris yaitu kosmetik, tas, kerudung dan baju.

2. Berikan deskripsi produk
Sama seperti kamu, konsumen juga tidak ingin membeli kucing dalam karung artinya si pemilik toko online harus memberikan keterangan lengkap suatu produk beserta stok barang. Apalagi misal produk baju harus dengan jelas mencantumkan ukuran, warna karena jangan sampai barang yang sudah dibeli dikembalikan yang membuat rating toko kamu jelek dan rating berlaku di marketplace.

3.Selalu jawab pertanyaan konsumen dengan cepat
Pembeli serius biasanya akan menanyakan detail produk, cara pembayaran, dan produk kapan sampai ditujuan. Untuk detail produk jika sudah diberi deskripsi lengkap pada gambar biasanya mereka hanya bertanya ulang untuk meyakinkan, kemudian untuk cara pembayaran jika di marketplace sudah ada rekber (rekening bersama), dan untuk barang sampai tujuan bisa kamu lihat di estimasi jasa ekspedisi.

4. Memiliki beberapa rekening Bank
Yang namanya jualan online tentu bertransaksi menggunakan Bank, sehingga alangkah baiknya jika membuka toko online melalaui situs pribadi atau via facebook, seller memiliki rekening dari Bank yang memiliki banyak cabang di kota lain seperti Bank BRI, BNI, BCA dan Mandiri. Karena calon pembeli selalu menanyakan seseuai dengan rekening yang dia memiliki alasanya agar tidak terkena biaya transfer apabila menggunakan Bank yang sama.

5. Pasang aplikasi jasa ekspedisi di Smartphone
Calon konsumen pasti ingin mengetahui berapa ongkos kirim ke tempat tujuan dengan cepat, untuk itu sebaiknya pasang aplikasi jasa ekpedisi, sebaiknya menggunakan aplikasi yang dapat memberikan ongkir dari beberapa perusahaan ekspedisi seperti JNE, TIKI,  POS, dalam hal ini admin menggunakan aplikasi rajaongkir.

6. Bungkus paket dengan rapi
Kemaslah paket kiriman produk online kamu dengan rapi dan aman karena kita tidak tahu bagaimana jasa ekspedisi memperlakukan paket tersebut. Gunakanlah pengaman seperti plastik bubble sehingga agar isi paket terlindung dari guncangan selama dalam perjalanan.

Nah itulah hal sepele yang membuat jualan online laris manis, namun tentunya disamping 6 poin diatas kita juga harus berdo’a agar usaha kita lancar. Promosi dengan memberikan testimoni pada toko online juga dapat menambah kepercayaan konsumen akan toko kamu.

Sebagai saran untuk jualan online kosmetik hindari kosmetik yang mengandung bahan gas atau cairan, karena jika diluar Jabodetabek jasa pengiriman paket tidak akan mau menerima dengan alasan keamanan ketika diangkut didalam pesawat untuk pengiriman luar Pulau.

Advertisement