Efek Ganti Blogspot ke TLD, Pengunjung Berkurang dan Artikel Lama Terindex

Setelah memutuskan ganti blogspot ke TLD atau top level domain alias domain berbayar ternyata benar ada efeknya, dan dua efek yang sangat terasa adalah berkurangnya pengunjung dan artikel lama terindex Google, ko bisa?

Logika sederhananya ketika kita upgrade dari blogger atau sub domain blogspot ke domain sendiri maka semua akan dimulai lagi dari awal karena memang domain tersebut masih baru dan mungkin belum dikenal oleh mesin pencari sama sekali termasuk Google, jadi tidak heran jika posisi artikel di mesin pencari agak sedikit terganggu sehingga pengunjung berkurang dan karena masih baru tidak heran kalau artikel yang baru kita posting lama terindek oleh Google.

Setelah memperhatikan, sudah 3 hari artikel cara cek masa aktif dan kuota Indosat tidak terindex Google juga padahal saat saya masih menggunakan sub domain blogspot biasanya tidak sampai satu hari artikel yang saya tulis sudah masuk ke mesin pencari.

Efek Ganti Blogspot ke TLD, Pengunjung Berkurang dan Artikel Lama Terindex

Memang ada cara cepat terindex Google yaitu dengan submit url ke Search Console – Crawl URL, setelah link posting kita submit biasanya hanya dalam hitungan menit sudah masuk ke Google Indeks tetapi sengaja tidak saya lakukan karena ingin membiarkan semua proses berjalan secara natural.

Efek Ganti Blogspot ke TLD, Pengunjung Berkurang dan Artikel Lama Terindex

Dua Efek Setelah Mengganti Blogspot ke Custome Domain

  1. Pengunjung berkurang, setelah ganti ke TLD biasanya saat kita lakukan pencarian di Google yang muncul masih url sub domain blogspot, dan setelah beberapa hari baru yang muncul adalah domain baru (TLD), akibat proses penyesuaian ini ternyata posisi pada mesin pencari Google pun berubah-ubah.Setelah melakukan pengecekan menggunakan beberapa kata kunci yang tadinya menempati posisi satu sekarang kebanyakan sudah berubah menjadi posisi ke 2, 3 dan seterusnya. Salah satu contohnya kata kunci cara edit file pdf yang tadinya menempati posisi 1 sekarang sudah berubah ke posisi 3 dan di Google yang muncul adalah emiscara.com bukan lagi emiscara.blogspot.com seperti sebelumnya.Jadi dengan berubahnya posisi di Google, tidak mengherankan jika pengunjung ikut berkurang.
  2. Lama Terindek Google, akibat negatif lainnya yang saya rasakan adalah sulitnya artikel terindex oleh Google, sampai 3 hari tulisan yang sudah diposting masih juga belum muncul di Google.Seperti saya sebutkan diatas, saya memang sengaja biarkan proses ini berjalan secara natural saja, jadi tidak mau submit url ke crawl Google, karena ingin tahu butuh berapa lama agar blog normal kembali seperti sebelum kita lakukan perubahan domain.

Apakah semua akan kembali normal? mudah-mudahan karena jika membaca pengalaman blogger lain sepertinya efek ini hanya akan berlangsung sementara saja, apapun yang terjadi keputusan saya sudah bulat ingin tetap menggunakan domain emiscara.com dibandingkan sub domain blogspot karena lebih singkat dan tidak pusing lagi dengan redirect blogspot.com ke blogspot.co.id.

Advertisement
Latest Comments
  1. Aiy Ayumna December 14, 2015
  2. Nur Irul December 14, 2015
    • Aisah K December 15, 2015
  3. Muhammad Adam Hussein, SPd, CM December 25, 2015
  4. Wahab Saputra December 26, 2015
  5. Evrina Budiastuti December 31, 2015