Daripada Beli Coba Memperbaiki Charger Laptop Acer Yang Putus Sendiri

Jujur admin bukan teknisi atau tukang service charger laptop, namun karena darurat kemudian coba memperbaiki charger laptop merk Acer 4738Z yang putus sendiri. Charger laptop rusak mungkin karena admin menggulung kabel charger sembarangan.

Ternyata charger laptop putus dekat dengan adaptornya, cirinya jika ujung kabel digerakan lampu indikator menyala kemudian mati lagi sehingga charger tidak bisa mengisi. Awalnya bisa disiasati dengan mengikat bagian yang bermasalah dengan karet atau menindihnya supaya tidak bergerak.

Cara reparasi charger laptop sendiri tersebut tidak bertahan lama, selang beberapa hari charger tidak berfungsi sama sekali akhirnya setelah googling cara memperbaiki charger laptop yang putus, ternyata adaptor harus dibongkar.

Dengan panduan cara bongkar charger laptop akhirnya charger berfungsi kembali walaupun untuk membuka casing charger Acer membutuhkan usaha ekstra karena memang bukan ahlinya, untuk yang mau tahu admin memperbaiki charger laptop sendiri, silahkan simak dibawah ini.

Memperbaiki Charger Laptop Acer Yang Putus Sendiri

1. Buka terlebih dahulu casing charger laptop dengan menggunakan gergaji besi kemudian cungkil dengan obeng min/gepeng, bagian ini begitu keras sehingga perlu kesabaran untuk melepasnya. Namun harus hati hati karena kwatir bagian dalam charger rusak terkena gesekan.

2. Kemudian pisahkan bagian dalam charger

3. Setelah itu lepas bagian kedua unjung charger dengan menggunakan solder, selanjutnya potong kabel yang putus dengan membuka pangkal karet agar nanti bisa digunakan kembali.

Cek dengan menggunakan multitester/ Avometer diurut  sedikit demi  sedikit kabel tersebut sampai jarum multitester bergerak. Setelah itu berarti kabel sudah tidak ada masalah tinggal pasang lagi seperti semula dengan solder.

4. Gambar dibawah adalah hasil memperbaiki charger laptop Acer  yang putus, ternyata berhasil walaupun charger belum dirapihkan.

Peralatan untuk memperbaiki charger laptop yang rusak

  • Solder
  • Multitester
  • Sedotan timah
  • Obeng min (-)
  • Gergaji besi atau bisa juga dengan Cutter

Karena keterbatasan pengetahuan tentang elektro atau bahkan servis admin hanya menjabarkan apa yang dilakukan untuk memperbaiki charger laptop karena kabel putus, bisa saja orang lain memiliki cara yang berbeda. Yang pasti kerjaan online dengan cara jualan di situs jualan online seperti tokopedia dan bukalapak bisa kembali dilakukan berkat charger yang normal kembali.

Namun dengan segala keterbatasan tidak salah kita mencoba mereparasi alat untuk mengisi daya laptop atau charger tanpa harus membawa ketukang servis. Harus diingat charger laptop tidak mati total atau masih dalam kondisi baik. Kalau tidak bisa diperbaiki mau tidak mau harus membeli di laptop center resmi sesuai dengan merk laptop.

 

Advertisement