Cara Setting/Menambahkan Akun Yahoo Pada Aplikasi Gmail Android

Beberapa waktu lalu aplikasi Gmail Andorid menerima update yang memungkinkan kita untuk mengelola akun email lain selain gmail pada aplikasi tersebut termasuk Yahoo maupun Outlook. Untuk menambahkan akun email Yahoo pada aplikasi Gmail Android sangatlah mudah, namun bagi anda yang masih belum tahu caranya silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Dengan hadirnya fitur All Inboxes, memberikan kemudahan bagi para pengguna yang memiliki banyak akun email dan ingin mengelolanya dari satu aplikasi, sehingga setelah menambahkan akun Yahoo tersebut kita dapat mengirim maupun menerima email dari aplikasi Gmail Android terbaru.

Cara Setting atau Menambahkan Akun Yahoo Pada Aplikasi Gmail Android

Sebelum anda dapat mengikuti panduan dibawah ini pastikan sudah melakukan update menggunakan aplikasi Gmail terbaru yang bisa didapatkan dari Google Play Store, dan berikut langkahnya.

  1. Buka aplikasi Gmail pada HP Android anda.
  2. Tap Menu – Settings lalu pilih Add Account
    Cara Setting atau Menambahkan Akun Yahoo Pada Aplikasi Gmail Android
  3. Kemudian pilih Personal (IMAP/POP) Yahoo, Outlook.com, AOL Mail, etc. Lalu pilih OK.
    Personal (IMAP/POP) Yahoo
  4. Pada Account setup, isikan alamat email Yahoo anda, lalu Next.
  5. Selanjutnya isikan password email Yahoo anda lalu Next.
  6. Selanjutnya anda akan melihat halaman setting untuk sinkronisasi, silahkan atur sesuai kebutuhan. Default akan mengecek email masuk setiap 15 menit dan akan muncul notifikasi/pemberitahuan ketika ada pesan masuk, dan anda juga bisa memilih opsi otomatis mendownload attachment atau lampiran ketika terhubung ke Wifi. Pilih Next
    Cara Setting/Menambahkan Akun Yahoo Pada Aplikasi Gmail Android
  7. Terakhir anda bisa memberikan nama pada akun tersebut serta merubah nama pengirim yang akan muncul pada email penerima pada bagian Your Name.

Jika anda mengalami error pada bagian SMTP Server sehingga selalu gagal saat akan mengirim email maka ada beberapa solusi yang bisa dicoba diantaranya.

  1. Ganti port ke 587
  2. Ganti Server – smtp.mail.yahoo.com karena secara default aplikasi ini memiliki setting android.smtp.mail.yahoo.com
  3. Cek lagi apakah username dan password yang anda masukan sudah benar

Sangat mudah bukan menambahkan akun email Yahoo pada aplikasi Gmail Android sehingga anda dapat mengirim dan menerima email dari aplikasi tersebut dengan mudah dan cepat. Jika mengalami kesulitan silahkan bertanya melalui kotak komentar dibawah, terimakasih semoga bermanfaat.

Advertisement
Tags:
Latest Comments
  1. Achmad Fazri April 14, 2015