Cara Save atau Convert Halaman Web Ke PDF (HTML to PDF)

Bagaimana cara convert halaman web atau html ke PDF? itulah salah satu pertanyaan dari teman yang ingin menyimpan beberapa halaman web yang penting ke format PDF sehingga nanti dapat dibaca kembali secara offline atau tanpa perlu koneksi internet.

Untuk mengubah html ke PDF dapat dilakukan dengan berbagai cara baik langsung dari web browser seperti chrome, maupun Firefox atau secara online menggunakan layanan situs html to pdf converter yang saat ini ada banyak sekali pilihannya.

Pada artikel kali ini saya akan berikan contoh cara untuk menyimpan halaman web ke format pdf lengkap baik dari web browser maupun online.

Cara Convert HTM ke PDF Online

Seperti saya jelaskan sebelumnya ada banyak situs yang menyediakan layanan convert ke pdf online gratis dan salah satunya adalah htmlpdf.com dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi halaman http://www.htmlpdf.com/
  2. Kemudian copy url atau link web yang ingin kamu ubah. Disini kamu bisa lakukan beberapa pengaturan seperti layout (Portrait, Landscape), ukuran kertas, warna dan lainnya.
  3. Terakhir klik tombol Get PDF dan setelah selesai download file tersebut ke PC.
    Cara Convert HTM ke PDF Online

Cara Save/Mengubah Halaman Web Ke PDF Dengan Google Chrome

Bagi kamu yang menggunakan web browser Google Chrome maka dapat langsung menyimpan halaman web atau html menjadi PDF tanpa perlu software atau aplikasi tambahan dan berikut adalah langkahnya.

  1. Buka halaman web yang ingin diubah dari Google Chrome.
  2. Tekan CTRL +P (Print).
  3. Kemudian pada ubah Destination dengan cara klik tombol Change.
    Cara Save/Mengubah Halaman Web Ke PDF Dengan Google Chrome
  4. Pilih Save as PDF
  5. Terakhir kamu bisa tentukan layout, ukuran kertas, dan jika ingin disimpan menjadi full color atau berwana jangan lupa centang Background graphics, kemudian Save dan berinama file tersebut sehingga akan tersimpan menjadi file PDF.

Itulah cara mudah untuk mengubah sebuah page atau halaman web menjadi PDF baik online maupun langsung menggunakan web browser yaitu Google Chrome. Tutorial lainnya : Cara Convert PDF ke Word Online.

Advertisement
Tags: