Cara Pasang Kabel Antena TV LED Biar Jernih

Hampir setiap hari kita melihat acara televisi, mulai dari berita, film, sinetron atau program olahraga, gambar tv yang jernih menjadi syarat untuk menikmati semua siaran telivisi tersebut. Untuk itu kita harus tahu cara pasang kabel antena tv yang benar.

Dua jenis antena yang lazim digunakan adalah antena indoor dan outdoor, antena yang cocok untuk tv led yaitu outdoor karena pengalaman admin ketika memasang antena indoor yang berbentuk lingkaran, tv tidak keluar gambar dilayar.

Cara pasang antena tv led biar bagus, mudah sekali tetapi harus hati hati karena biasanya terjadi kesalahan saat menyambung kabel antena yang menyebabkan kualitas gambar menjadi kurang bagus karena tidak dapat secara sempurna menangkap sinyal dari stasiun relay televisi.

Dibanding dengan menggunakan tabung crt,  Pesawat televisi LED dan LCD  suara gemuruh akan terdengar jelas, jika pemasangan antena salah.  Disebabkan besar resolusinya yang berbeda.

Untuk itu biasanya orang didaerah yang menerima siaran tv buruk harus pasang parabola, dibawah ini merupakan tips cara memasang kabel antena luar yang benar, agar dapat menonton televisi dengan nyaman.

Cara Pasang Kabel Antena TV LED Biar Jernih

1. Terlebih dahulu kupas kulit luar kabel ± 1 ½ cm dengan menggunakan cutter.

2. Kemudian akan terlihat serabut dan kertas alumuium foil dan kabel tengah, satukan seluruh serabut kabel antena dengan cara di pelintir dan jangan ada yang tersisa.

3. Kendurkan baut pada pada port jack yang nanti akan terhubung dengan tv

4. Masukan kabel/kawat tengah  berikut isolator yang berwarna putih sementara kabel serabut dililitkan dibagian luar kemudian jepit atau solder, yang harus diingan jangan sampai kabel tembaga menyatu dengan kabel serabut.

5. Setelah kabel rapih masukan semua bagian menjadi satu kemudian tutup dengan lapisan pertama plastik kemudian disusul per dan rumah jack bagian luar.

Hasil akhir dari pasang kabel antena tv tampak seperti gambar dibawah.

Untuk mendapat hasil maksimal memutar antena mencari arah yang tepat dengan dipandu orang lain yang melihat telivisi apakah posisi antena sudah tepat dalam menerima sinyal. Hal ini lebih mudah jika memiliki Spectrum Analyzer biasanya profesional yang buka jasa pasang antena.

Penyebab gambar telivisi tidak jernih

1. Arah antena terhalang atau berhadapan dengan gedung bangunan tinggi atau tembok.
2. Lokasi rumah berada dilembah atau di pesisir pantai.
3. Tehalang oleh transmitter atau pemancar gelombang radio atau seluller.

Salah satu cara solusi untuk masalah diatas adalah dengan menggunakan penguat sinyal atau booster yang berfungsi untuk  menangkap sinyal yang akan diteruskan kepada pesawat televisi dirumah kamu.

Berdasar pengalaman biasanya ada saja salah satu channel tv yang gambarnya tidak maksimal hal tersebut karena berbeda arah pemancar televisi yang satu dengan yang lain. Baca juga cara merapihkan kabel charger

Advertisement
Tags:, ,