Cara Mengganti Stop Kontak Paralel/Terminal Sendiri

Advertisement

Jika colokan listrik di dinding rumah tidak cukup digunakan untuk barang elektronik secara bersamaan, salah satu cara yang cukup murah yaitu dengan memasang stop kontak paralel. Sehingga tidak perlu melubangi tembok dan mencari orang untuk memasang instalasi listrik.

Banyak sekali penjual stop kontak bahkan di minimarket juga tersedia, tetapi yang harus diperhatikan jumlah lubang untuk steker. Biasanya terminal listrik memiliki satu sampai dengan enam lubang atau lebih tergantung kebutuhan si pengguna.

Namun terkadang kualitas bahan stop kontak kurang bagus seperti pengalaman emiscara yang baru membeli stop kontak paralel 3 lubang yang terdapat tombol ON-OFF tidak bisa digunakan padahal baru berumur dua bulan. Jangan terburu membuang seluruh stop kontak rusak tersebut coba dulu diperbaiki.

Cara Mengganti Stop Kontak Paralel Sendiri

Sebenarnya bagi yang mengerti listrik pasti mudah untuk memperbaiki, tetapi emiscara bukan ahli listrik sehingga memilih mengganti stop kontak paralel dengan membeli terminalnya saja karena kabel masih dalam kondisi baik.

1. Sediakan obeng plus kemudian buka terlebih dahulu cashing atau rumah stop kontak lalu kendorkan kedua sekerup yang nanti berfungsi untuk menjepit kabel colokan.

2. Selanjutnya kupas pembungkus kabel dengan cutter atau gunting seperti gambar dibawah.

3. Masukan ujung kabel pada pada sekerup kemudian kencangkan kembali

4. Apabila telah selesai periksa kembali pemasangan kabel sudah tepat atau belum artinya jangan ada kabel yang terkelupas untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Terakhir pasang kembali cashing stop kontak dan siap digunakan kembali, berdasar pengalaman membeli stop kontak yang sudah jadi sebaiknya digunakan untuk alat elektronik dengan daya/watt kecil seperti kipas angin, speaker aktif, pemutar DVD, charger handphone, TV dan lain lain sehingga tidak cepat panas.

Apabila terminal listrik akan digunakan untuk elektronik dengan watt/daya listrik yang besar seperti kulkas, mesin cuci, jet pump dll sebaiknya merakit stop kontak sendiri sehingga dapat memilih kabel dan teminal dengan kualitas baik, kebetulan emiscara membeli stop kontak broco.

baca juga: cara memasang kabel antena TV

Demikianlah cara mengganti stop kontak paralel sendiri dan menurut emiscara stop kontak jenis ini memiliki kelebihan yaitu praktis dan portable.