Cara Menambahkan Kontak di Email Yahoo Otomatis dan Manual

Mengirim dan menerima email mungkin sudah menjadi aktivitas sehari-hari bagi sebagian orang dan jika kita sering mengirim email ke alamat penerima yang sama maka akan jauh lebih mudah jika orang tersebut didaftarkan ke dalam kontak pada Yahoo mail sehingga tidak perlu lagi menulis secara manual alamat email tujuan.

Cara untuk menambahkan alamat email ke kontak pada Yahoo dapat dilakukan secara otomatis maupun manual, karena sebetulnya saat membuat akun email Yahoo baru, secara default Yahoo sudah mengaktifkan fitur untuk  ‘Otomatis tambahkan penerima baru ke Kontak‘ sehingga setiap kali selesai mengirim email maka alamat tersebut akan otomatis masuk ke kontak kita walaupun memiliki satu kekurangan yang akan saya jelaskan dibawah.

Cara Menambahkan Kontak di Email Yahoo Otomatis dan Manual

Cara Menambahkan Kontak di Email Yahoo Otomatis

Ini adalah salah satu fitur yang otomatis diaktifkan saat kita pertama kali daftar akun email Yahoo. Untuk memastikan fitur ini aktif caranya adalah sebagai berikut :

  1. Login ke akun Yahoo anda melalui http://mail.yahoo.com/
  2. Kemudian klik icon gir/gerigi yang ada dipojok kanan atas, lalu pilih Settings/Pengaturan.
  3. Lihat menu Menulis Email/Writing email.
  4. Pastikan Otomatis tambahkan penerima baru ke Kontak/Automatically add new recipients to Contacts dicentang.Cara Menambahkan Kontak di Email Yahoo Otomatis

Kelamahan
Salah satu kelemahan fitur ini adalah, alamat email akan dijadikan sebagai nama depan jadi ketika akan menulis email dan ingin menambahkan alamat penerima maka hanya dapat ditemukan dengan cara mengetik alamat email penerima, misal emiscara@yahoo.com dapat dicari dengan ketik emis…

Menambahkan Kontak Secara Manual

Cara ini lebih baik dibanding cara pertama karena kita bisa atur nama kontak menggunakan nama sesungguhnya bukan alamat email, dan berikut adalah langkahnya.

  1. Setelah login ke akun Yahoo, klik icon Kontak posisinya ada disebelah kiri.
    Menambahkan Kontak Secara Manual
  2. Kemudian klik Kontak Baru.
  3. Isi form yang wajib yaitu diisi Nama Depan dan Email lalu klik Simpan. Menambahkan Kontak Secara Manual

Apa si manfaatnya menambahkan kontak ke akun email Yahoo?
Salah satu manfaatnya adalah saat kita akan mengirim email maka tidak perlu repot menulis manual alamat email penerima tapi cukup dengan mencari dari daftar kontak yang ada, cukup dengan cara klik pada Ke/To lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih sesuai kebutuhan.

Dengan menambahkan kontak ke akun Email Yahoo tentu akan sangat membantu mempermudah pekerjaan anda saat akan melakukan pengiriman email ke alamat yang sama atau kebanyak alamat sekaligus seperti tampak pada gambar diatas. Sangat mudah bukan dan selamat mencoba.

Advertisement
Tags: