Cara Membuat Nasi Goreng Supaya Tidak Gagal

Advertisement

Kemarin malam saya membeli nasi goreng yang dijajakan oleh penjual menggunakan gerobak, rasanya yang enak mengundang rasa penasaran untuk membuatnya di rumah, dengan bermodal melihat langsung cara membuat nasi goreng terlihat mudah.

Tetapi setelah mencoba hasil nasi goreng sederhana buatan saya jauh dari kata memuaskan dan nasi goreng gerobak lebih enak dibanding buatan sendiri padahal bahan nasi goreng sama. Nasi goreng buatan saya cenderung lengket dan bumbu tidak meresap.

Setelah bertanya kepada penjual nasi goreng kesalahan saya adalah menggunakan nasi pulen atau baru matang sehingga nasi goreng menggumpal. Dibawah ada beberapa tips cara membuat nasi goreng anti gagal yang menghasilkan nasi goreng enak.

Cara Membuat Nasi Goreng Anti gagal

Cara Membuat Nasi Goreng Supaya Tidak Gagal

https://pixabay.com/

1. Jangan pakai nasi baru matang

Sebenarnya nasi goreng itu untuk menghabiskan makanan nasi sisa, sehingga nasi kemarin yang masih layak atau tidak berbau cocok untuk digunakan dibanding nasi baru matang. Jika tidak ingin memakai nasi kemarin silahkan pilih beras yang pera (tidak pulen/lembek).

Beras pera memiliki tekstur yang lebih keras dan tidak menggumpal membuat nasi goreng lebih nikmat karena menyatu dengan bumbu. Secara kasat mata beras pera bentuknya terlihat lonjong dan panjang berbeda dengan beras pulen yang biasanya lonjong kearah bulat alias kebulat bulatan.

2. Jangan takut memakai minyak

Menggunakan minyak goreng yang terlalu sedikit menjadi penyebab nasi goreng lengket ke wajan dan gosong, untuk itu tuangkan minyak pada wajan secukupnya.

3. Aduk nasi dengan cepat

Jika diperhatikan tukang nasi goreng mengaduk nasi dengan cepat hal itu dimaksudkan agar nasi tidak menempel hingga gosong di dasar wajan akibat terlalu pelan dalam mengaduk nasi. Karena sejatinya nasi sudah matang dan proses penggorengan supaya bumbu meresap pada nasi.

4. Jangan campur telur dan bumbu halus

.Jangan mencampur bumbu halus dengan telur karena bumbu tidak akan tercampur secara merata pada nasi, sebaiknya goreng telur yang diorak arik terpisah. Atau bisa juga sebelum dimasukkan kedalam wajan, nasi, bumbu dan kecap diaduk terlebih dahulu di mangkuk.

Setelah itu baru dimasukkan ke wajan dengan demikian nasi goreng menggumpal dapat dihindari karena setiap bulir nasi sudah terlapisi kecap.

Baca juga: rahasia dadar gulung enak

5. Menggunakan wajan besar

Faktor nasi goreng kurang sedap bisa juga disebabkan menggunakan wajan kecil sehingga sulit untuk mengaduk nasi goreng. Dengan wajan yang lebih besar tentunya proses mencampur nasi dan bahan lain jauh lebih mudah yang akhirnya semua bahan tercampur rata.

Meskipun dengan resep nasi goreng yang sama dan mengikuti panduan yang banyak beredar di internet namun hasilnya jauh berbeda. Untuk itu dengan mengetahui cara membuat nasi goreng yang benar dapat meminimalisir nasi goreng tidak enak dari segi rasa.

Begitu populernya nasi goreng di Indonesia sampai mantan presiden Amerika, Barack Obama menyukai sajian yang diberikan oleh mantan presiden SBY di istana negara.