Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa

Advertisement

Salah satu kue tradisional yang digemari emiscara adalah dadar gulung yang didalamnya diberi parutan kelapa dan gula merah. Rasa kue nan legit dengan kulit yang lembut akan membuat lidah ketagihan, dan emiscara pun akhirnya googling cara membuat dadar gulung isi kelapa.

Ternyata banyak sekali artikel yang membagikan resep dadar gulung dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Dengan membuat dadar gulung sendiri ada rasa kepuasaan tersendiri tampilanya tidak sebagus yang dijual toko kue.

Menurut saya bagian yang paling sulit yaitu membuat kulit dadar gulung agar tidak pecah ketika adonan diangkat dari wajan. Karena itu sebaiknya menggunakan teflon atau wajan anti lengket yang akan mempermudah proses pembuatan kulitnya.

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa

Bahan Untuk Membuat Kulit

  1. 250 gram tepung Terigu.
  2. 750 ml santan kelapa.
  3. 2 butir telur kocok.
  4. 2 sendok makan pasta pandan atau bisa juga diganti dengan daun suji (Untuk membuat warna hijau).
  5. 1 sendok teh garam.

Langkah membuat kulit dadar gulung

Silahkan campurkan bahan yaitu tepung terigu, garam dan telur, kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit kedalam keadonan.

Selanjutnya mixer adonan sampai tercampur dengan merata, apabila benar hasilnya tidak ada gumpalan. Apabila sudah tuangkan pasta pandan, dan/perasan air daun suji kemudian aduk lagi hingga tercampur rata.

Jika sudah kemudian panaskan wajan anti lengket lalu oleskan margarin. Tuangkan 1 sendok makan adonan satu persatu atau tergantung lebar wajan yang digunakan terakhir ratakan, lakukan sampai adonan habis.

Bahan Yang Digunakan Untuk Isi

  1. 300 gram kelapa yang sudah di parut.
  2. 50 gram gula pasir.
  3. 100 gram gula Merah.
  4. Air secukupnya.

Langkah – Langkahnya

Pertama tama campurkan kelapa parut, air, garam, daun pandan dan gula merah kemudian masak sampai adonan mengering dan air berkurang. Dan apabila hasilnya memuaskan ketika memasak harus rajin mengaduk agar gula merah larut dapat meresap ke dalam kelapa yang telah diparut.

Proses Pembuatan dadar Gulung

Letakkan kulit pada permukaan yang rata selanjutnya masukan unti/enten atau kelapa parut yang diberi gula merah sebanyak 1 sendok makan. Supaya kulit mudah digulung,  taruh isian kelapa tersebut dibagian pinggir.

Kemudian lipat kulit untuk dikedua belah sisi kanan/kiri untuk menutup isi, terakhir gulung secara perlahan. Dadar gulung pun telah jadi dan siap untuk disajikan.

Itulah infomasi singkat mengenai cara membuat dadar guling isi kelapa, menikmati kue trasional berwarna hijau ini lebih ditemani teh hangat. Apalagi menjelang bulan Ramadhan cocok sekali sebagai takjil ketika buka.