Cara Membuat Kartu ATM Mandiri Baru Yang Tertelan Mesin

Sebelumnya saya pernah menuliskan pengalaman tentang kartu ATM Mandiri tertelan mesin dan akhirnya harus saya blokir, karena menurut costumer service,  kartu tersebut tidak dapat diambil lagi maka jalan satu-satunya adalah dengan membuat kartu ATM baru sebagai pengganti.

Proses penggantian ATM yang tertelan mesin tidaklah serumit yang saya bayangkan, karena cukup datang ke kantor cabang terdekat kemudian mengambil antrian sesuai kebutuhan yaitu mengganti ATM, jangan lupa siapkan buku tabungan dan KTP.

Cara Membuat Kartu ATM Mandiri Baru Yang Tertelan Mesin

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana proses mengganti ATM yang diblokir karena tertelan mesin.

  1. Datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa buku tabungan dan KTP, tidak masalah anda berada didaerah yang berbeda dengan lokasi/cabang anda membuka rekening.
  2. Ambil no antrian dan pilih sesuai dengan tujuan anda, jika bingung sebaiknya tanya petugas satpam dan beritahu anda ingin mengganti kartu ATM karena tertelan dan dia akan memberikan nomor antrian sesuai dengan kebutuhan anda.
  3. Setelah anda dipanggil oleh petugas bank ceritakan kejadiannya dan berikan buku tabungan serta KTP, lalu isi formulir yang mereka berikan, biasanya ada dua formulir.
  4. Siapkan uang 6.000 rupiah untuk membayar biaya materai.
  5. Selesai, anda pun akan segera diberikan kartu ATM baru dan biasanya mereka akan tanya kartu apa yang ingin anda ambil, silver atau gold pilihlah sesuai kebutuhan.

Setelah anda mendapatkan kartu pengganti mereka pun biasanya akan memberikan amplop yang berisi PIN, dan jika tidak yakin berapa lama harus menunggu sampai kartu baru tersebut bisa digunakan sebaiknya tanya langsung kepada petugas yang ada disitu, namun dari pengalaman saya biasanya saya tunggu sekitar 1 jam baru ATM tersebut bisa digunakan.

Kesimpulan,

  1. Penggantian ATM bisa dilakukan dicabang mana saja asal anda bawa buku tabungan dan KTP, dan sepertinya hampir semua bank memiliki kebijakan sama karena dulu sewaktu saya ganti ATM BRI yang kadaluarsa saya bisa lakukan di Pulau Jawa padahal saya membuka rekening di Pulau Sulawesi.
  2. Biaya yang dikenakan (pengalamana saya) hanyalah 6.000 rupiah untuk materai.
  3. Walau ATM sudah tertelan, rekening anda masih berfungsi seperti biasa termasuk ebanking jika anda sudah mendaftar, karena yang diblokir hanyalah ATM nya bukan rekening secara keseluruhan.

Itulah pengalaman membuat ATM Mandiri baru yang diblokir karena tertelan mesin, prosesnya sangat mudah dan cepat dan untuk biaya sebetulnya kartunya gratis hanya saja anda harus membayar materai 6.000.

Advertisement
Tags:,