Cara Membuat File PDF Dengan Foxit Reader

Ingin membuat file PDF tapi belum tahu caranya? Cobalah Foxit Reader sebuah software yang dapat digunakan untuk membaca dan membuat file PDF dari berbagai format lain seperti gambar (JPG, PGN, GIF, BMP dll), maupun dokumen seperti Word, Excel, Powepoint dan masih banyak lagi.

Untuk membuat sebuah file PDF pakai Foxit reader caranya sangat mudah, karena ada beberapa pilihan yang bisa kita pilih yaitu dari Windows Explorer dengan fungsi klik kanan, dengan virtual printer sehingga kita bisa print apapun sebagai PDF, atau langsung dari program Foxit reader sendiri melalui menu create. Pada artikel ini akan saya coba bahas semuanya semoga berguna bagi anda yang kesulitan atau belum tahu cara untuk membuat file PDF.

Cara Membuat File PDF Dengan Foxit Reader

Sebelum anda dapat melakukan sesuai dengan panduan berikut ini maka silahkan install terlebih dahulu software PDF Reader yang bisa langsung didownload melalui link ini.

1.Melalui Context Menu Windows Explorer
Ini adalah salah satu fitur favorit saya, karena hanya dengan klik kanan dari windows explorer maka semua file yang dapat diprint bisa kita convert menjadi PDF dengan mudah, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Windows Explorer kemudian cari file yang ingin anda rubah ke PDF, setelah itu klik kanan dan pilih ‘Convert to PDF in Foxit ReaderCara Membuat File PDF Dengan Foxit Reader
  2. Kemudian program Foxit Reader akan terbuka, untuk menyimpan klik tombol Save dan berinama file tersebut.

Cara pertama ini adalah yang paling mudah dan cepat, karena kita hanya perlu mencari file yang akan diproses kemudian klik kanan dan save, anda dapat melakukan cara ini untuk berbagai format file baik gambar, dokumen, hasil scan dan lainnya.

2. Melalui Fitur Print As PDF
Jika anda ingin merubah MS Office seperti word ke PDF tetapi masih menggunakan versi 2003 maka ada cara mudah untuk melakukannya, setelah kita install software Foxit Reader maka akan secara otomatis menambah sebuah virtual printer yang dapat digunakan untuk mencetak sebagai PDF, tidak hanya office tetapi file gambar dan lainnya bisa anda convert ke PDF, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka file yang ingin dicetak sebagai PDF baik itu word, excel, powerpoint, photosop, ms paint yang penting selama aplikasi yang anda buka menyediakan fitur Print maka bisa dijadikan PDF dengan Foxit reader, dalam contoh ini saya membuat dari sebuah dokumen word. Setelah terbuka pilih Menu Print dan pilih Foxit Reader PDF Printer.
    Word ke PDF
  2. Selanjutnya klik Print dan beri nama file tersebut.

Pilihan ke dua ini cocok bagi anda yang masih menggunakan MS Office 2007 kebawah, karena tidak seperti versi 2010 keatas yang belum menyediakan fitur save as PDF. Sangat mudah bukan membuat file PDF menggunakan Foxit Reader, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement
Tags: