Cara Melihat Gerhana Matahari Dengan Kertas Film Rontgen

Cuaca yang bersahabat membuat gerhana matahari total 2016 dapat terlihat di 11 provinsi Indonesia. Untuk melihatnya diperlukan teropong atau kaca mata khusus. Namun emiscara memiliki cara melihat gerhana matahari dengan kertas film rontgen yang sudah tidak terpakai.

Pengertian gerhana matahari adalah fenomena alam di mana posisi bulan, matahari dan bumi sejajar berada pada garis lurus. Untuk beberapa saat cahaya matahari ke bumi akan terhalang bayangan bulan, akibat bulan melintas diantara Matahari dan Bumi.

Daripada susah mencari alat khusus untuk melihat gerhana matahari mending buat sendiri dengan menggunakan kertas bekas film rontgen karena proses terjadinya gerhana matahari mencapai fase penuh cukup singkat kurang lebih selama satu setengah sampai tiga menit.

Cara melihat gerhana matahari total sangat tidak dianjurkan untuk menatap matahari secara langsung karena sinar yang menyilaukan dapat membakar retina mata yang berpotensi menyebabkan kebutaan. Konon untuk melihat momen gerhana matahari ditempat yang sama dibutuhkan waktu 33 tahun, namun itu sebatas prediksi.

Sebenarnya emiscara tidak punya trik khusus untuk melihat peristiwa gerhana matahari, hanya mengambil bekas foto rontgen kemudian menggunting pada bagian yang masih hitam atau tidak terkena hasil rontgen tersebut. Nah tinggal arahkan ke sinar matahari, admin sendiri tidak berani menatap cahaya matahari terlalu lama.

Hampir diseluruh mesjid menyambut kedatangan gerhana matahari dengan melakukan sholat sunnah gerhana. Kota yang mendapat perhatian wisatawan adalah palu tercatat sekitar 3 ribu turis yang berlatar dari dunia astronomi dan peneliti mendatangi palu.

Daftar 11 Provinsi Indonesia yang dilintasi gerhana matahari 2016

  1. Palembang
  2. Belitung
  3. Bangka
  4. Sampit
  5. Palangkaraya
  6. Balikpapan
  7. Palu
  8. Poso
  9. Luwuk
  10. Ternate
  11. Halmahera

Informasi diatas berdasarkan informasi dari detik.com selain kesebelas kota tersebut ada juga yang dapat melihat gerhana matahari sebagian (GMS)  dan akan melihat matahari berbentuk sabit berbeda dengan kota yang dilintasi gerhana matahari total (GMT).

Nah karena lokasi admin melihat gerhana matahari di wilayah yang mengalami gerhana matahari sebagian, walaupun hanya bermodal kertas film bekas rontgen, berhasil mengabadikan momen langka tersebut dan diabadikan melalui ponsel Android.

Photo by: Rina

Advertisement