Cara Kirim Paket Lewat Indomaret

Yang namanya memiliki usaha online shop sudah pasti membutuhkan ekspedisi untuk mengirim barang kepada konsumen. Kali ini admin mencoba kirim paket lewat Indomaret, karena ada beberapa perusahaan jasa pengiriman barang seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, RPX, ESL dan PCP.

Biasanya admin melakukan pengiriman paket via JNE, atau TIKI bahkan lewat PT.Pos Indonesia tergantung permintaan konsumen. Namun karena hari libur JNE disekitar rumah tutup, akhirnya memutuskan kirim paket di Indomaret sekalian mau mencoba karena sebenarnya sudah lama tahu.

Menurut karyawan Indomaret, perusahaan ekspedisi RPX telah bekerjasama dengan indomaret dalam jasa pengiriman paket atau dokumen. Mengirim paket via indomaret ternyata baru sebatas Pulau Jawa dan Bali saja.

Nama fasilitas tersebut adalah I-paket, cara kirim paket atau dokumen melalui Indomaret tidak jauh berbeda dengan mengirim barang di JNE, TIKI, Pos Indonesia. Yang membedakan adalah si pengirim harus mengisi form pengiriman.

Cara Kirim Paket Lewat Indomaret Melalui I-Paket

1. Kunjungi Indomaret terdekat, kemudian tanyakan apakah bisa melakukan kirim paket karena admin datang ke Indomaret yang pertama tidak bisa akibat jaringan sedang offline dan disarankan ke Indomaret lain.

2. Kasir Indomaret akan mengentry kiriman paket untuk itu berikan alamat penerima dengan lengkap agar kiriman paket sampai di tujuan.

3. Pengirim wajib mengisi form untuk data si pengirim dan penerima yang terdiri dari nama, no ktp, alamat, kelurahan, kode pos, no telp dan jenis barang.

4. Kasir akan memasukan paket kedalam plastik khusus.

5. Mintalah struk pembayaran karena disitu tertera nomor AWB yang berfungsi untuk tracking paket dan jangan sampai hilang sebelum paket tiba di tujuan.

Tarif kirim paket via jasa I-paket Indomaret mulai dari Rp.8.000 ditambah biaya plastik Rp.1.000, tergantung tujuan, kebetulan emiscara mengirim barang ke Cikarang. Ada promo kirim paket lewat Indomaret untuk periode 1 Februari sd 31 maret 2016 berupa 1 botol softdrink.

Selain I-paket Indomaret terlebih dahulu meluncurkan fasilitas I-Pulsa yang berfungsi untuk membeli token listrik, pulsa handphone, tiket kereta api, tiket masuk tempat rekreasi serta membayar berbagai macam tagihan.

Catatan: Walaupun admin kirim paket lewat Indomaret pada hari Minggu namun akan dikirim pada hari senin karena untuk hari libur RPX atau jasa pengiriman lainnya tidak ada Pick up barang. Layanan indomaret tersebut dapat menjadi pilihan lain kepada pemilik toko online.

Cara Tracking Paket RPX

  • Masuk ke www.rpx.co.id

  • SMS : STAT_NomorAWB kemudian  kirim ke 0811-1111-779
    Contoh : STAT_400002386564

Namun untuk cek kiriman RPX via sms admin belum berhasil karena masalah jaringan.

Advertisement
Latest Comments
  1. awenfals March 14, 2016
    • emiscara March 15, 2016