Cara Jitu Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Atau Belum

Ketika kita mengirim pesan WhatsApp maka akan muncul centang satu yang berarti baru diterima dan belum dibaca. Dan apabila sudah dibaca yang muncul adalah centang biru sebanyak dua buah sehingga si penerima tidak dapat berkelit bahwa dia belum membacanya.

Tetapi masalah datang jika orang yang dikirim pesan menonaktifkan centang biru sehingga tidak terlihat pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum. Hal ini terkadang membuat kita jengkel apalagi pesan yang dikirim penting.

Seperti kemarin emiscara membantu seorang teman mencari cara mengetahui pesan WhatsApp sudah di read atau belum. Karena si penerima juga menonaktifkan fitur last seen atau kapan terakhir dilihat, yang menyebabkan pengirim semakin bingung.

Ternyata ada cara jitu mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca belum oleh si penerima walaupun menyembunyikan centang biru. Untuk yang belum tahu dapat menyimak caranya dibawah ini.

Bagaimana Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Atau Belum?

1. Gambar dibawah merupakan tampilan ketika mengirim pesan kepada orang lain seperti belum dibaca karena yang muncul centang abu abu artinya hanya diterima. Hal ini ada dua tentu membingungkan apakah memang belum dibaca atau orang tersebut menghilangkan centang biru/tanda sudah dibaca.

2. Untuk sebaiknya kamu mengirim pesan suara kepada orang yang dimaksud seperti gambar dibawah. Lalu bagaimana mengetahui apakah chat yang dikirim sudah dibaca atau belum?, caranya mudah sekali apabila pesan suara sudah di dengar atau diunduh itu tanda WhatsApp online.

3. Lebih jelasnya lihat perbedaan mengirim pesan teks (tanda masih abu abu), tetapi jika menggunakan pesan suara dan telah dibaca pada kotak pesan si pengirim akan muncul centang biru.

Cara lain untuk mengetahui apakah pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum, silahkan kirim chat di WA grup yang dia ikuti. Kemudian tap tulisan yang dikirim contoh “test” selanjutnya klik huru “i” (seperti gambar pada kotak merah). Dan setelah itu akan muncul pemberitahuan siapa saja anggota grup yang sedang aktif.

Jika orang dimaksud telah melihat atau read di grup WhatsApp, berarti dia juga sudah membaca chattingan yang kamu kirim ke WhatsApp pribadi hanya saja dia telah menghilangkan notifikasi telah membaca pesan (centang biru).

Karena menyembunyikan centang biru tidak berlaku di grup WhatsApp, itulah cara jitu mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum. Selamat mencoba, semoga berhasil dan jangan lupa baca juga cara buat tulisan keren di WhatsApp.

Advertisement