Cara Daftar dan Upload File ke DropBox di Android

DropBox adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan kita menyimpan berbagai jenis file secara gratis dengan batas maksimal 2GB, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan sebelum dapat menggunakan layanan ini di Android, kita harus install aplikasinya lalu membuat akun yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara daftar dan juga upload file gambar, pdf, excel  dan lainnya ke DropBox dari Android, silahkan baca artikel ini sampai tuntas karena saya akan mencoba memberikan panduan lengkap beserta gambar sehingga mudah diikuti.

Memiliki akun DropBox memiliki beberapa manfaat, seperti sebagai tempat untuk backup file maupun aplikasi Android atau bisa juga digunakan untuk alternatif saat akan mengirim email dengan lampiran dengan ukuran yang besar.

Panduan Cara Membuat Akun DropBox di Android

Pertama-tama pastikan sobat sudah menginstall terlebih dahulu aplikasinya, jika belum silahkan download dari Google Play Store, berikut adalah langkah-langkah membuat akunnya.

  1. Buka aplikasi DropBox di HP Android, kemudian pilih Sign up DropBox
  2. Isi Nama depan, belakang, alamat email dan password kemudian tap Create account. Panduan Cara Membuat Akun DropBox di Android
  3. Setelah itu akan muncul pop up Term of Services, tap I Agree untuk melanjutkan
  4. Terakhir akan muncul opsi untuk otomatis upload foto dari kamera, dengan pilihan upload over Wi-Fi or data plan yang artinya setiap ada foto baru akan otomatis terupload atau Upload over Wi-Fi only yang artinya akan upload dari kamera ketika anda terhubung ke jaringan Wifi. Jika tidak ingin upload otomatis maka pilih Skip this.

Setelah akun sukses dibuat, maka kita sudah dapat mulai membuat folder dan mengupload berbagai file dari HP Android, dan berikut adalah caranya.

Cara Membuat Folder di DropBox – Android

Untuk lebih memudahkan mengelola file yang akan disimpan, sebaiknya sobat membuat folder terlebih dahulu dengan nama yang bisa dibuat sesuai kebutuhan, misal kali ini saya coba membuat sebuat folder dengan nama “gambar” yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan berbagai file gambar saja.

  1. Buka aplikasi DropBox.
  2. Tap Menu pada HP kemudian pilih New Folder.
  3. Beri nama sesuai keinginan lalu pilih Create.Cara Membuat Folder di DropBox - Android

 

Cara Upload File ke DropBox Dari Android

Setelah akun dan folder selesai dibuat, kini saatnya membahas cara upload file dari HP Android sobat, dan berikut detailnya.

  1. Pilih folder yang ingin dijadikan tempat penyimpanan file tersebut.
  2. Tap menu pada HP kemudian pilih Upload here.
  3. Akan muncul pilihan Photos or videos dan Other files. Jadi jika ingin upload selain foto dan juga video maka pilihlah other file dan sebaliknya. Setelah memilih salah satu opsi tersebut kemudian pilih file yang ingin kita kirim ke DropBox kemudian pilih Upload.Cara Upload File ke DropBox Dari Android

Ketika akan upload file kita bisa pilih satu persatu atau banyak sekaligus, tergantung kebutuhan dan tentu saja selama ruang penyimpanan gratis yang disediakan masih cukup atau tidak melebih 2GB.

Itulah cara mudah daftar dan upload file ke Dropbox dari Android. Setelah kita menyimpan berbagai file disana maka kita dapat membagikan atau mengirimkan melalui email.

Dan ini merupakan salah satu solusi untuk mengirim file besar lewat email baik dengan ukuran lebih dari 25MB karena seperti kita tahu baik Yahoo dan Gmail memberikan batasan maksimal ketika akan kirim attachmet.

Advertisement
Tags:,