Cara Custom Domain Blogspot di Namecheap Terbaru

Ternyata cara custom domain blogspot di Namecheap sangat mudah, hanya perlu beberapa langkah saja sub domain blogspot sudah bisa diubah menjadi domain sendiri (TLD).

Jika kamu sudah lama memiliki akun di Namecheap pasti sudah tahu jika tampilan namecheap sudah berubah dan menurut saya menjadi lebih segar atau lebih enak dipandang, nah kali ini saya akan berbagi pengalaman mengubah domain Blogger ke TLD di Namecheap.

Cara Custom Domain Blogspot di Namecheap Terbaru

Sebelum dapat melakukan langkah dibawah ini tentu kamu harus sewa domain di namecheap terlebih dahulu dan pada bulan ini Desember 2015 ternyata sedang ada promo sehingga domain dot com dapat dibeli dengan harga lebih murah yaitu sekitar $6 sudah termasuk free whois guard untuk tahun pertama. Tidak perlu panjang lebar lagi mari kita bahas cara setting custom domain blogger di Namecheap

1 – Pengaturan di Blogger

  1. Log in ke akun Blogger, lalu buka setting / pengaturan kemudian pilih Basic.
  2. Kemudian lihat bagian Publishing lalu klik Setup a 3rd party URL for your blog
  3. Selanjutnya pada Blog Address masukan nama domain kamu, misal www.emiscara.com (harus pakai www) lalu Save.
  4. Akan muncul error dengan pesan kesalahan kira-kira seperti ini “We have not been able to verify your authority to this domain. Error 14.” Jangan panik karena memang begitu. Tingggalkan dulu langkah pengaturan di Blogger sampai sini.Cara Custom Domain Blogspot di Namecheap Terbaru

2 – Pengaturan DNS di Namecheap

CNAME Record

  1. Log in ke akun Namecheap, lalu dari dashboard pilih domain yang akan kita gunakan, Pilih Manage.Pengaturan DNS di Namecheap
  2. Selanjutnya klik ADD NEW RECORD dan pilih CNAME Record, kemudian di Host masukan www dan value masukan ghs.google.com dan untuk TTL pilih Automatic.
  3. Ulangi langkah ke 2, namun untuk host dan value masukan dengan kode yang kamu lihat di dashboard blogger, lihat gambar dibawah ini.
  4. Jika sudah selesai kemudian klik Save All Change untuk menyimpan perubahan seperti tampak pada gambar berikut.Cara Custom Domain Blogspot di Namecheap Terbaru 
  5. Terakhir agar tidak muncul error lagi, masih dihalaman yang sama, scroll kebawah dan lihat bagian Mail Setting lalu ubah menjadi No Email Service. Langkah ini dilakukan agar kita tidak perlu lagi melakukan verifikasi kepemilikan domain.

Setelah langkah mengubah DNS Namecheap agar terhubung ke Blogger, selanjutnya kamu kembali lagi ke dashboard Blogger lalu pilih Save.

Jika berhasil atau tidak ada langkah yang terlewat maka kamu sudah berhasil mengubah sub domain blogspot ke TLD atau custom domain.

Mudah bukan? jika kamu mengalami kesulitan atau gagal silahkan tanyakan semoga saya bisa membantu, tetapi selama kamu memasukan host dan value yang benar saya yakin proses setting custom domain blogger di Namecheap yang kamu lakukan tidak akan mengalami kendala.

Advertisement
Tags: