Cara Cetak Alamat Pengiriman di Tokopedia Agar Tidak Salah Kirim

Advertisement

Tokopedia merupakan salah satu tempat pilihan emiscara untuk berjualan online, tugas penjual setelah menerima order yaitu mengirim barang pesanan dengan menempelkan kertas berupa alamat tujuan paket tersebut. Penulisan alamat harus tepat karena apabila sedikit saja salah paket lama sampai atau bahkan kiriman paket tidak sampai.

Dan jika paket nyasar atau tidak sampai maka penjual akan direpotkan oleh pertanyaan si pembeli yang ingin barangnya segera tiba. Seperti pengalaman emiscara karena penulisan alamat pengiriman mendapat komplain dari konsumen.

Untuk menghindari hal tersebut bisa dengan cara cetak alamat pengiriman Tokopedia dengan printer. Setidaknya apabila salah alamat bukan murni kesalahan si penjual, karena telah mencetak sesuai dengan alamat yang tertera pada invoice.

Cara mencetak alamat sebenarnya cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama, disini emiscara hanya memberi informasi untuk yang berjualan pertama kali di Tokopedia dan belum tahu Tokopedia memiliki fitur print alamat pembeli.

Cara Cetak Alamat Pengiriman di Tokopedia

1. Buka notifikasi kemudian klik Konfirmasi Pengiriman.

Cara Cetak Alamat Pengiriman di Tokopedia Agar Tidak Salah Kirim

2. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, kemudian di bagian paling kanan ada menu Cetak.

Cara Cetak Alamat Pengiriman di Tokopedia Agar Tidak Salah Kirim

3. Kemudian akan tampil Label Pengiriman yang berisi detail transaksi seperti biaya administrasi tambahan Tokopedia (pengepakan), ongkir, berat, alamat pembeli, dan toko pengirim beserta catatan pembeli jika ada.

Cara Cetak Alamat Pengiriman di Tokopedia Agar Tidak Salah Kirim

Jika sudah silahkan klik Cetak pada bagian pojok kiri atas (tanda panah), kemudian ikuti seperti print dokumen seperti biasa. Bagi pengguna Gold Merchant bisa melakukan cetak alamat tujuan pengiriman sekaligus berbeda dengan yang belum upgrade harus satu persatu.

Terkadang pembeli melakukan pembelian barang di Tokopedia untuk orang lain sehingga nama sudah jelas berbeda. Dan jika kurang teliti seperti dengan penulisan alamat manual hasilnya nama pembeli contoh ABDUL alamat GG.BERSAMA, kota Bandung.

ABDUL yang melakukan transaksi tapi sebenarnya harus dikirim ke SOMAD dengan alamat GG.BERSAMA, kota Bandung. Tetapi dengan cara cetak alamat pengiriman Tokopedia semua akan tepat mulai dari nama, alamat, no handphone dll. Dan apabila paket belum sampai itu karena kesalahan pembeli dalam menulis alamat saja dan penjual hanya mencetak data yang ada.