Cara Cek Pajak Kendaraan Tahunan Via SMS Dengan Mudah

Bagi kamu yang ingin membayar pajak tahunan motor/mobil namun lupa berapa jumlah yang harus dibayar untuk memperpanjang STNK tersebut, sekarang tidak perlu kwatir karena ada layanan cek pajak  kendaraan tahunan via sms.

Untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan tahunan pihak kepolisan beserta Dispenda menghadirkan berbagai layanan seperti SAMSAT online, keliling, drive thru. Bahkan untuk mengecek biaya pajak kendaraan bermotor bisa melalui pesan singkat.

Cek pajak kendaraan via sms hanya untuk mengetahui jumlah biaya perpanjangan stnk tahunan karena tidak bisa untuk mengetahui biaya bayar pajak stnk 5 tahunan. Layanan ini menurut emiscara sangat membantu untuk mempersiapkan uang ketika pergi ke samsat.

Selain tidak bisa mengetahui jumlah uang untuk bayar pajak kendaraan 5 tahunan, cara cek pajak kendaraan via sms tidak berlaku bagi pajak mati karena harus diurus langsung ke kantor samsat. Lalu bagaimana  cara mengecek pajak kendaraan lewat sms, silahkan simak caranya dibawah ini.

Begini cara cek pajak kendaraan  Via SMS

Caranya cukup mudah kamu tinggal ikuti petunjuk SMS, dalam hal ini emiscara akan cek pajak kendaraan wilayah Jawa Barat. Untuk itu silahkan ketik info <spasi>d/1234/abc<spasi>hitam kemudian kirim sms tersebut ke nomor 08112119211. Contoh F/4728/BP hitam kirim ke 08112119211, selengkapnya baca situs dispenda.jabarprov.go.id

Tidak kurang dari 1 menit sms balasan yang berisikan nomor kendaraan, merk/type, tahun pembuatan, jumlah pajak tahunan yang harus dibayar serta masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Namun jika kamu mencoba mengetik nomor kendaraan akan segera membayar pajak kendaraan 5 tahunan, maka akan mendapat balasan “STNK 5 tahun masa berlaku habis, pembayaran harus dilakukan di samsat induk”.

Nah ini merupakan format untuk sms dari dispenda.jabarprov.go.id

Petunjuk SMS : info <spasi>d/1234/abc<spasi>hitam

Keterangan : d = Kode Plat Kendaraan (B/D/E/F/T/Z) Wilayah Provinsi Jawa Barat
1234 = Nomor Polisi
abc = Kode Seri Plat Kendaraan
hitam = Warna Plat Kendaraan (HITAM/KUNING/MERAH)

Itulah informasi singkat tentang cara cek pajak kendaraan tahunan via sms yang mudah sekali selain melalui sms, dibeberapa provinsi cek pajak kendaraan bisa juga dilakukan secara online seperti DKI Jakarta Riau, Jatim,  Jawa Tengah . Semoga bermanfaat dan selalu bayarlah pajak kendaraan kamu tepat waktu.

Advertisement
Tags:,