Bingung Tarik Uang Jika Transaksi Gagal di Tokopedia?

Pastinya tidak semua orang kartu memiliki kartu ATM, yang salah satu fungsinya adalah untuk transfer belanja online seperti di Tokopedia. Namun bagi yang belum memiliki rekening Bank calon pembeli dapat melakukan pembayaran dengan cara setor tunai di teller.

Selain di teller pembayaran Tokopedia bisa melalui Indomaret, tetapi bagaimana jika transaksi gagal di Tokopedia? dan bagaimana cara pencairan dana untuk transaksi yang dibatalkan tersebut.

Karena untuk pengembalian uang, costumer servis Tokopedia akan bertanya rekening asal transfer untuk refund dana. Seperti pengalaman ketika transaksi gagal di Tokopedia karena admin kekurangan transfer.

Ternyata setelah menghubungi twitter Tokopediacare, akhirnya permasalahan transaksi di cancel itu menemukan solusi untuk admin yang melakukan setoran tunai via teller Bank Mandiri karena tidak memiliki no rek di Mandiri.

Transaksi gagal dan pengembalian uang Tokopedia

1. Hubungi terlebih dahulu akun twitter @Tokopediacare, kemudian tweet permasalahan kamu seperti admin uang yang sudah di transfer belum di konfirmasi dan belum di verifikasi pembayaran oleh Tokopedia. Karena berawal dari kesalahan admin yang kurang dalam pembayaran.

2. Selanjutnya Tokopediacare membalas tweet untuk mengirimkan bukti foto/screenshoot pembayaran

3. Kemudian admin mengupload bukti bahwa telah transfer ke tokopedia sebanyak dua kali yang pertama melalui teller Bank Mandiri, dan yang kedua lewat Mandiri e-Cash

4. Setelah itu Tokopedia bertanya apakah dana akan tetap ditarik atau pesan ulang barang di Tokopedia dan admin memutuskan untuk refund dana saja.

5. Namun masalah karena Tokopedia hanya dapat mengembalikan ke rekening pengiriman awal padahal admin tidak memiilki rekening Bank Mandiri.

6. Dan admin pun menjelaskan seperti gambar dibawah.

7. Ketika diberi penjelasan pihak Tokopedia mengerti, dan bersedia mengembalikan uang ke Bank yang dimiliki admin.

8. Akhirnya admin sudah tidak bingung karena transaksi gagal di Tokopedia sudah mendapat jawaban, padahal sebelumnya berpikir uang tidak bisa ditarik. Untuk pengembalian dana rekening ke sesama Bank membutuhkan waktu 1X24 jam dam 2×24 jam untuk pengembalian antar Bank.

Sementara proses refund uang tersebut disesuaikan dengan jam kerja Bank, karena admin mendapat balasan pada hari Sabtu 09/11/2016 menyebabkan uang belum masuk rekening berhubung Bank tutup.

Kesimpulan: Berdasarkan pengalaman admin ternyata jika transaksi gagal di Tokopedia dana masih bisa ditarik walaupun tidak memiliki rekening di Bank saat melakukan pembayaran.

Satu hal yang sangat penting simpan baik baik semua bukti pembayaran agar ketika terjadi masalah diatas tidak pusing dan dapat melengkapi data yang dibutuhkan untuk proses penarikan dana kembali.

Advertisement