Berapa Biaya Membuat SIM D Sekarang?

Advertisement

Awalnya saya hanya mengetahui tiga golongan Surat Izin Mengemudi yaitu A, B, dan C, namun ternyata masih ada lagi yaitu SIM D yang diperuntukan untuk penyandang disabilitas. Karena peraturan lalu lintas mewajibkan setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor wajib memiliki SIM tidak terkecuali difabel.

Dengan kendaraan bermotor khusus atau yang sudah di modifikasi misalnya motor dirubah menjadi roda tiga penyadang disabilitas wajib membuat SIM D. Proses pembuatan sama dengan SIM golongan lain diantaranya harus lewat ujian teori dan praktek.

Yang membedakan pembuatan SIM D adalah ketika ujian praktek jalur atau track dirancang berbeda disesuaikan dengan bentuk kendaraan yang digunakan penyandang disabilitas. Bagi penyandang cacat dan ingin membuat Surat Izin Mengemudi dibawah saya akan memberitahu biaya pembuatanya.

Biaya Membuat SIM D Untuk Kaum Difabel

Berapa Biaya Membuat SIM D Sekarang?

Foto: facebook tmcpolrestabesbandung

Menurut Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar (seperti dikutif dari https://www.viva.co.id/otomotif/tips/1112658) Ada Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia biaya pembuatan SIM D baru maupun perpanjangan sudah diatur.

Biaya itu berbeda dari SIM golongan lain. Untuk SIM D bikin baru dan perpanjangan biayanya Rp50.000 (viva.co.id)

Kewajiban penyandang disabilitas untuk memiliki SIM terdapat di Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), pada bagian bentuk dan penggolongan SIM. Di pasal 80 tertulis: Surat Izin mengemudi D berlaku untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat

baca juga: perpanjang STNK di Drive Thru

Namun bagi difabel yang dapat mengendarai kendarai kendaraan seperti umumnya/standar bisa membuat SIM C dan SIM A. Karena Surat Izin Mengemudi dikeluarkan menurut kecakapan atau kompetensi seseorang dalam berkendara bukan karena faktor fisik.

Demikianlah informasi singkat mengenai berapa biaya membuat SIM D yang digunakan oleh penyandang disabilitas sehingga dapat mengemudikan atau mengendarai kendaraan dengan hak dan kewajiban yang sama dengan orang yang normal. Sekian terimakasih, semoga bermanfaat dan tetap hati hati dalam ketika di jalan.