Begini Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

Advertisement

Apabila ada order masuk kemudian membuka dari aplikasi Bukalapak di Android yang belum di update biasanya tidak kelihatan apakah harus menggunakan resi otomatis atau resi biasa. Seperti pengalaman emiscara kemarin yang biasanya membuka dari aplikasi kemudian sambil melihat uang penjualan belum masuk melihat kembali transaksi dan ternyata wajib resi otomatis.

Ini merupakan kali kedua proses pengirman barang Bukalapak dengan resi otomatis J&T, sementara untuk yang pertama karena tidak tahu dikirim secara reguler dengan membayar ongkos kirim di J&T. Padahal jika menggunakan resi otomatis penjual tidak perlu membayarkan biaya pengirman dan jika tetap membayarkan ongkir dianggap uang tip/tambahan ke kurir.

Untuk itu sebaiknya perbaharui aplikasi Bukalapak sehingga dapat melihat resi otomatis atau bukan, pengalaman saya walaupun sudah mengirm paket tidak bisa input resi karena memang menggunakan kode booking. Bagi yang belum mengerti cara pengirman barang menggunakan resi otomatis J&T di Bukalapak silahkan melihat informasi dibawah.

Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

Begini Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

Seperti gambar diatas ketika saya membuka web Bukalapak dari laptop dimana tertera pengiriman Wajib Resi Otomatis, selanjutnya sebagai penjual melanjutkan dengan langkah langkah sebagai berikut.

1. Klik Konfirmasi Kirim pada detail transaksi paling kanan.

Begini Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

2. Kemudian silahkan pilih cara kirim dengan opsi Kurir Jemput Barang atau Datangi Kantor J&T karena sudah sore kwatir lama menunggu kurir saya lebih memilih mendatangi kantor J&T.

Begini Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

3. Selanjutnya klik menu Dapatkan Kode Booking 

Begini Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

4. Penjual harus membaca syarat dan Ketentuan jasa pengiriman J&T, secara garis besar yaitu tidak perlu membayar ongkir paket ke kasir J&T, Uang yang masuk saldo Bukalapak hanya hasil penjualan diluar biaya kirim, apabila membayar biaya pengiriman dianggap sebagai tip dan penjual tidak bisa klaim penggantian ke Bulapak atau J&T.

Jika sudah mengerti centak kotak Ya, saya mengerti kemudian klik Dapatkan Kode Booking.

Begini Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

5. Terakhir akan muncul kode booking J&T misal JB0034465 dan silahkan klik Cetak Kode Booking lalu tempelkan pada paket yang akan dikirim.

Begini Proses Pengiriman Barang Bukalapak Dengan Resi Otomatis J&T

Apakah Bisa Kode Booking Tidak di Cetak atau Print?

Jawabanya BISA cukup ditulis tangan kode booking tersebut diatas nama, alamat si penerima dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Karena emiscara pernah ada pembelian di Shopee menggunakan resi otomatis dan pihak J&T membolehkan ditulis tangan.

Cara Mengganti atau Membatalkan Resi Otomatis Bukalapak Karena Lupa

Membatalkan disini bukan berarti cancel order yang akan mendapatkan 3 feedback negartif apabila sudah klik terima. Tetapi membatalkan resi otomatis Bukalapak yang emiscara bicarakan adalah mengganti dengan pengirman biasa bukan otomatis.

Apabila tidak ada faktor kesengajaan silahkan hubungi Bukalapak lewat email dengan melampirkan bukti bahwa telah melakukan atau membayar ongkos pengiriman di J&T. Dan tidak lebih dari 1 jam ada email balasan untuk memasukkan resi non otomatis tersebut.

Sebaiknya cukup sekali membuat kesalahan karena jika kedua kali bisa saja penjual tidak dapat menggantian berdasarkan pada syarat dan ketentuan resi otomatis pada poin no 4 diatas.

Demikianlah informasi singkat mengenai proses pengiriman barang Bukalapak dengan menggunakan resi otomatis J&T. Dan salah satu ciri wajib resi otomatis adalah penjual tidak dapat input resi begitupun pembeli prioritas Bukalapak tidak dapat klik Selesai setelah barang diterima, sehingga pasti uang penjual akan tertahan.