Begini Cara Memilih Folder Download di Mozilla

Teman saya sedang mengerjakan tugas dan untuk referensi dia mengunduh dari internet, tetapi masalah timbul karena dia tidak tahu hasil download tersimpan dimana. Bagi yang sudah sering menggunakan laptop atau komputer tentu hal tersebut terlihat sepele.

Apalagi jika PC atau laptop dipakai orang banyak jelas akan menyulitkan mencari hasil download. Biasanya ketika melakukan download browser pada Mozilla Firefox  atau Google Chrome secara otomatis file tersebut akan tersimpan di folder Downloads.

Lokasi Folder umumnya berada pada user windows drive C, akhirnya teman tersebut saya kasih tahu cara memilih folder download di Mozilla sehingga terpisah dari file orang lain yang menggunakan perangkat laptop atau komputer yang sama.

Kelebihan merubah penyimpanan folder download yaitu semua hasil unduhan dapat dibuka misalnya di drive D, karena seperti tadi diawal dibahas biasanya hasil downloadan akan disimpan di drive C sehingga yang mengharuskan bolak balik dari drive C ke D.

Cara Memilih Folder Download di Mozilla

Bagi yang belum tahu cara mengganti lokasi folder download silahkan mengikuti langkah langkah dibawah ini.

1. Buka browser Mozilla firefox terlebih dahulu, kemudian klik garis garis tiga di pojok paling kanan no 1 dan selanjutnya klik options no.2 seperti gambar dibawah.

2. Setelah masuk ke menu General/umum silahkan beri tanda cek list pada kotak startup dan pada kotak Downloads beri centang Always ask me where to save files.

3. Terakhir pengaturan memilih folder download di mozilla bisa ditutup dan hasilnya pengguna dapat memilih secara manual dimana akan menyimpan data yang telah di download.

 

Dan sebaiknya supaya tidak bingung ganti nama files atau di rename terlebih dahulu sebelum di save. Selain cara diatas memilih folder download di Mozilla dapat juga dengan klik Tools > Options > General > Save files > Select folder.

Mudah bukan caranya dan sekarang tidak lagi mengira hasil download menghilang karena sebelumnya tidak tahu hasil files yang di download berada dimana. Sekian dan terimaksih semoga bermanfaat, baca juga cara kirim folder di email.

Advertisement