Begini Cara COD di Shopee/Belanja Bayar di Rumah

Advertisement

Kemarin saya belanja di Shopee tetapi sempat bingung ketika akan melakukan pembayaran karena saldo di ATM kosong.  Serta malas keluar pembayaran Shopee Indomaret/Ceriamart, Alfamart, lalu saya Googling cara COD di Shopee ternyata caranya mudah sekali.

Awalnya saya berpikir apakah Shopee bisa bayar di rumah seperti halnya di Lazada, jawabanya bisa namun mungkin tidak semua seller mangaktifkan COD Shopee, karena produk yang akan saya beli termasuk umum/banyak yang menjual sehingga saya mencari pedagang yang memiliki fasilitas bayar ditempat atau COD (Cash On Delivery).

Adanya fitur pembayaran Shopee di rumah (setelah barang diterima) menurut saya sangat membantu karena tidak perlu pergi ke Bank untuk transfer, atau harus memiliki ATM dan tidak dikenakan biaya administrasi dibanding membayar di minimarket.

Cara COD di Shopee

1. Setelah login akun Shopee silahkan pilih produk kemudian masukkan ke menu keranjang (jika ingin masih membeli barang lain) atau klik beli sekarang (produk satu jenis) apabila ingin melakukan pembayaran dan klik Check Out.

Setelah itu akan terbuka metode pembayaran yang meliputi Transfer Bank, Kartu Kredit/Debit Online, Cicilan Kartu Kredit, OneKlik, Indomaret/Ceriamart, Alfamart, Pembayaran Kredivo dan Akulaku untuk melanjutkan pilih Bayar di tempat (COD).

Begini Cara COD di Shopee/Belanja Bayar di Rumah

2. Jika sudah akan muncul rincian barang yang dibeli meliputi Subtotatl untuk produk, Total/Ongkos Kirim, Koin Shopee/Voucher jika punya dan terakhir Total Pembayaran, selanjunya klik Buat Pesanan. Oh iya sebelumnya tentukan alamat pengirman barang.

 

Begini Cara COD di Shopee/Belanja Bayar di Rumah

3. Cara melihat COD di Shopee tersebut di Acc oleh seller atau tidak silahkan klik di profil kemudian klik Pesanan Saya lalu klik rincian. Alurnya seperti gambar dibawah apabila penjual menerima order maka akan berwarna hijau pada tahap kedua yaitu Pembayaran Dikonfirmasi tugas kita hanya menunggu barang dikirim.

cara pembayaran cod di shopee

4. Tunggu kurir J&T mengirimkan paket ke rumah, setelah diterima silahkan bayar sesuai dengan yang tertera pada akun Shopee. Dan di label pengiriman terdapat tulisan COD yang berarti cara belanja online bayar ditempat, karena buka Shopee saja yang tersedia COD ini.

cara pembayaran cod di shopee

baca juga: Daftar seller Shopee dari Handphone

Setelah barang sampai silahkan periksa dan jika barang sudah sesuai pesanan dilanjutkan dengan klik Barang Diterima dan berikan penilaian dengan begitu uang hak penjual akan segera masuk ke ShopeePay.

Pembeli masih bisa membatalkan pesanan COD di Shopee dengan catatan penjual belum request pick-up (jemput)  atau input resi. Atau bisa juga pembatalan dilakukan setalah 1 jam pembayaran terverifikasi.

Cara Belanja di Shopee dengan COD lewat Aplikasi Android

1. Setelah Checkout siapkan alamat pengiriman.

cara pembayaran cod di shopee

2. Pilih COD sebagai metode pembayaran dan klik Buat Pesanan.

cara pembayaran cod di shopee

3. Kemudian pilih kembali COD lalu konfirmasi.

cara pembayaran cod di shopee

Syarat COD di Shopee yaitu belanja minimal Rp.50.000 dan maksimal Rp.5.000.000 tetapi jika kalian gagal bertransaksi kemungkinan COD tidak didukung Shopee.

Demikanlah bagaimana cara COD di Shopee yang tentunya berdasarkan pengalaman pribadi, OK sekian terimakasih dan selamat berbelanja.