Begini Cara Cek Semua Tombol Keyboard Laptop Rusak Atau Tidak

Bagi yang memiliki laptop jangan putus asa jika tombol keyboard laptop tidak berfungsi, karena berdasarkan pengalaman Emiscara yang hampir dua kali membawa ke tempat servis karena berpikir keyboard rusak.

Pengalaman pertama adalah keyboard rusak di beberapa tombol misal ketika menekan huruf U yang keluar malah angka 4, menekan huruf J yang muncul angka 1. Padahal hal tersebut terjadi setelah mencabut keyboard USB dari laptop.

Kejadian kedua keyboard laptop error pada tombol PrtSc atau print screen yaitu tombol untuk mengambil gambar apapun yang ada pada layar monitor laptop. Akhirnya admin googling untuk cek tombol keyboard laptop rusak atau tidak dengan menggunakan software gratis.

Nama situs penyedia software untuk mengetahui keyboard laptop rusak atau tidak adalah keyboardtester.com, dan hasilnya cukup memuaskan, Bagi yang belum tahu cara kerja keyboard tester silahkan perhatikan informasi singkat dibawah.

Cara Cek Tombol Keyboard Laptop Rusak Atau Tidak

1. Silahkan kamu buka website keyboardterter.com, kemudian klik Launch the Tester untuk memulai.

2. Kemudian coba satu persatu huruf atau angka untuk mengecek tombol keyboard rusak atau masih berfungsi, jika tidak rusak maka akan ada bunyi serta akan diberi kotak hijau. Perhatikan keypad Prntsc diberi kotak hijau artinya masih berfungsi.

Catatan:

  • Untuk menguji keypad numerik pastikan tombol Num Lock ON
  • Keyboard tester tidak dapat membedakan antara duplikat kunci (Shift, Ctrl, Alt, Enter) sehingga harus dicek satu persatu.

Penyebab keyboard laptop rusak

  1. Biasanya terjadi karena lapisan tembaga diantara kedua permukaan lembab atau terlalu menempel yang mengakibatkan kedua lapisan yang seharusnya akan menempel jika tombol ditekan. Pada keyboard tester jika hal ini terjadi maka akan bunyi terus menerus berbeda dengan tombol normal yang hanya sekali bunyi.
  2. Adanya debu yang berlebihan pada tombol akibat  tidak pernah dibersihkan.
  3. Terlalu sering bermain game menggunakan tombol tertentu untuk mengontrol game, sebaiknya gunakan keyboard eksternal.

Cara merawat keyboard laptop

  1. Buka semua tombol keyboard menggunakan obeng kecil sebaiknya perhatikan posisi setiap tombol keyboard kemudian pisahkan karetnya.
  2. Ambil kuas atau cotton bud mulailah membersihkan dengan kuas namun jika menggunakan cotton bud (korek kuping) beri sedikit air untuk membersihkan debu kemudian diangin anginkan. Atau bisa juga dengan spon yang diberi detergen.
  3. Bagian karet cuci dengan air hangat kemudian keringkan
  4. Setelah semua proses beres pasang kembali tombol tombol tersebut sesuai dengan urutan abjad dan huruf pada papan keyboard.

Itulah cara cek tombol keyboard laptop rusak atau tidak serta penyebab rusaknya keyboard dan cara merawat keyboard, Tetapi jangan kwatir jika ternyata tombol keyboard rusak dalam hal ini tombol prntsc seperti yang admin alami, sementara kamu ingin menjepret atau screenshot sesuatu yang ada di layar laptop windows sudah menyediakan aplikasi Snipping Tool.

Untuk menggunakan fitur snipping tool, kamu hanya perlu klik icon windows > all programs > Accessories > Snipping Tool. Selamat mencoba semoga tombol keyboard laptop kalian tidak rusak.

Advertisement